Menang Dilaga Pembuka, Pelatih Papua Pegunungan: Ini Pengalaman Pertama

Sesi konferensi pers tim futsal Papua Pegunungan usai berlaga di pertandingan pertama melawan Papua Tengah Babak Kualifikasi PON XXI Aceh-Sumut 4 DOB Papua Raya, Rabu (24/1/2024). (Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua)
Sesi konferensi pers tim futsal Papua Pegunungan usai berlaga di pertandingan pertama melawan Papua Tengah Babak Kualifikasi PON XXI Aceh-Sumut 4 DOB Papua Raya, Rabu (24/1/2024). (Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua)

TIMIKA | Pelatih Kepala Tim Futsal Putra Papua Pegunungan, Matheus Balubun, mengaku bersyukur atas hasil yang didapat anak asuhannya dalam laga pembuka babak kualifikasi PON XXI Aceh-Sumut 2024 Cabang Olahraga Futsal Putra khusus Daerah Otonomi Baru (DOB).

Pada laga awal itu, anak asuhnya berhasil mengalahkan tuan rumah Papua Tengah dengan skor cukup mencolok 7-3, berlangsung di GOR Futsal Mimika, Papua Tengah, pada Rabu 24 Januari 2024.

Dalam sesi konferensi pers usai laga, Matheus mengatakan hasil yang didapat anak asuhnya ini merupakan buah usaha dan persiapan yang telah dilakukan tim selama 2 pekan lamanya.

“Hasil yang barusan kita lihat sesuai dengan latihan yang sudah dilakukan selama kurang dua minggu. Kita latihan di Wamena selama satu minggu, ditambah saat tiba di Timika,” paparnya.

Ajang babak kualifikasi PON XXI ini, kata dia, pengalaman pertama bagi anak asuhnya bermain di luar Provinsi Papua Pegunungan. Ia berharap pengalaman tingkat nasional bisa didapatkan jika timnya berhasil lolos mendapatkan tiket menuju PON XXI 2024 Aceh-Sumut.
“Anak-anak hanya sering bermain di Wamena saja, itu pun hanya beberapa orang saja,” tuturnya.
Menurutnya pemain-pemain yang saat ini bertarung membawa nama Papua Pegunungan adalah anak-anak yang diseleksi dari 8 kabupaten, dan lebih banyak yang berpengalaman sepakbola dengan 11 pemain.

Matheus atau yang biasa disapa Theo ini mengaku, perkembangan futsal di Papua Pegunungan sebenarnya tertinggal jauh, tetapi karena persiapan yang tekun dan serius selama 2 pekan itu, timnya bisa menang saat melawan tim tuan rumah.
Ditanya soal jalannya pertandingan, Theo memaparkan kebobolan dua gol pada awal babak pertama adalah sebuah kesalahan strateginya, karena mencoba bermain menunggu dan membaca permainan lawan.

Beruntung, anak asuh Theo mampu menyamakan kedudukan dan membalik keadaan hingga mencetak poin secara berturut-turut pada babak kedua hingga menang 7-3.

Theo menambahkan untuk pertandingan selanjutnya, tim Papua Pegunungan akan lebih memperhatikan kebugaran dan stamina para pemain agar bisa maksimal hingga waktu penuh pertandingan berakhir.

penulis : Fachruddin Aji

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *