OPM Akui Prada Danis Murib Ditembak Pasukan TNI

OPM Akui Prada Danis Murib Ditembak Pasukan TNI
Prada Danis Murib, desertir TNI yang ditembak pasukan TNI di Distrik Bibida, Kabupaten Paniai, Papua Tengah lantaran bergabung dengan pasukan TPNPB-OPM. (Foto: Ist)

TIMIKA, Seputarpapua.com | Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB), sayap militer Organisasi Papua Merdeka (OPM) mengakui bahwa Danis Murib adalah anggota mereka yang merupakan desertir prajurit TNI tewas di Bibida, Kabupaten Paniai, Papua Tengah.

Hal itu disampaikan Juru Bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom, Selasa (18/6/2024). Sebby mengatakan, laporan yang diterima Manajemen Markas Pusat TPNPB bahwa prajurit mereka yang gugur dalam medan pertempuran akan dimakamkan secara militer oleh Undius Kogoya selaku pimpinan TPNPB-OPM wilayah Intan Jaya.

Undius bersama seluruh pasukannya disebut sedang berada dalam medan perang di wilayah Paniai.

“Manajemen Markas Pusat Komnas TPNPB menggumumkan kepada seluruh patriotisme perjuangan bangsa Papua bahwa telah gugur dalam medan perang, seorang anggota prajurit TPNPB dalam aksi kontak senjata antara aparat keamanan Indonesia dengan pasukan TPNPB di Kampung Bibida pada hari Kamis, 13 Juni 2024 sekitar pukul 11.00 WIT,” ungkapnya.

Bahkan, Sebby Sambom mengatakan bahwa Undinus Kogoya membenarkan anggota TPNPB yang tewas dalam medan perang adalah mantan anggota aktif TNI yang telah bergabung bersama TPNPB selama 4 bulan belakangan.

Sebby pun membantah adanya informasi yang menyebut bahwa Danis. Murib dibunuh oleh anggota TPNPB lainnya karena diduga sebagai mata-mata aparat keamanan.

“TNI yang tembak mati,” tegasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, seorang mantan anggota TNI bernama Danis Murib yang telah bergabung dengan TPNPB tewas dalam kontak tembak yang terjadi di Bibida.

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cenderawasih, Letkol Inf Candra Kurniawan menyampaikan bahwa TNI berhasil menembak dua gerombolan OPM, salah satunya yaitu Danis Murib. Danis Murib disebut merupakan desertir TNI atau prajurit yang meninggalkan tugas lalu bergabung dengan OPM.

Danis Murib berpangkat Prada, ia meninggalkan tempat tugas di Pos Moanemani Baru, Kabupaten Dogiyai sejak 14 April 2024.

Sedangkan Komandan Satgas Media Komando Operasi (Koops) Habema, Letkol Arh Yogi Nugroho menerangkan bahwa Prada Danis Murib tertembak dengan seorang rekannya yang juga merupakan anggota TPNPB, sayap militer OPM.

penulis : Fachruddin Aji
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan