Pengurus HIMPSI Papua Tengah Resmi Dilantik

Ketua umum pengurus pusat Dr.Andik Matulessi saat melantik Pengurus HIMPSI Papua Tengah. (Foto: Echi Msen/Seputarpapua)
Ketua umum pengurus pusat Dr.Andik Matulessi saat melantik Pengurus HIMPSI Papua Tengah. (Foto: Echi Msen/Seputarpapua)

TIMIKA, Seputarpapua.com | Pengurus Himpunan Psikologi Indonesia ( HIMPSI) Wilayah Papua Tengah resmi di deklarasikan dan dilantik Ketua Umum Pusat HIMPSI, Dr. Andik Matulessi, MSI. Psi.

HIMPSI Papua Tenhah diketuai Aris Sugiarto Palumpun, S. Psi dan Sekretaris Amalya, S.Psi.

Pelantikan dilakukan di salah satu hotel di Jalan Yos Sudarso, Sabtu (22/6/2024) berdasarkan Surat Keputusan Nomor: 028/SK/ PP- HIMPSI/VI/24, Tentang Pengesahan Pengurus Wilayah Papua Tengah Periode 2024-2028.

Dr. Andik Matulessi menuturkan HIMPSI telah hadir 65 Tahun dan di Papua Tengah bersama 3 provinsi baru dipandang perlu menghadirkan HIMPSI, yaitu Papua Selatan, Papua Barat Daya dan Papua Pegunungan, meski di Papua Pegunungan belum memenuhi kuota lulusan psikologi minimal 10 orang.

Karenanya ia berharap, pengurus yang baru dilantik bersatu dan bergiat aktif memajukan HIMPSI.

“Jadi marilah kita bersatu berpadu, karena sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain, “tutur Andik Matulessi.

Selain itu dirinya juga berpesan agar potensi Sumber Daya Alam( SDA) menjadi bagian penting untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia( SDM). Dimana kunci menciptakan SDM ada dua hal, yaitu kesehatan dan pendidikan.

Sementara itu Aris Sugiarto Palumpung S. PSi, mengatakan HIMPSI Papua Tengah sedang memulai sebuah resolusi kesehatan mental di Papua Tengah dan akan membawa Papua Tengah menjadi pionir dalam integrasi ilmu psikologi ke dalam setiap aspek pembangunan daerah.

Amanah ini merupakan tanggung jawab besar yang harus dijalankan dengan penuh dedikasi dan integritas.

” Kedepan, kita akan menghadapi berbagai tantangan dalam upaya memajukan profesi psikologi di wilayah ini. Oleh karena itu, sinergi dan kerjasama dari seluruh pihak sangat diperlukandiperlukan,” katanya.

Karenanya, ia mengajak seluruh pengurus
bersama-sama bekerja keras untuk mencapai tujuan HIMPSI, yaitu meningkatkan kesejahteraan psikologis masyarakat, mengembangkan penelitian dan pendidikan psikologi, serta menjaga profesionalisme dalam praktik psikologi.

Ia juga menitikberatkan akses pendidikan bagi anak usia sekolah dengan yang memperhatikan perkembangan psikologisnya serta masyarakat adat yang berdaya, dengan kearifan lokal yang diperkuat oleh pendekatan psikologi modern.

Advertisements

“Psikologi bukan hanya profesi, tapi panggilan jiwa untuk melayani. Mari kita bawa keahlian kita dari ruang praktik ke tengah-tengah masyarakat. Kepada pemerintah daerah, kami hadir sebagai mitra strategis. Bersama, kita akan merancang kebijakan yang tidak hanya berbasis data, tapi juga berwawasan psikologis, katanya.

HIMPSI akan fokus pada beberapa program prioritas, antara lain penguatan kapasitas pengurus dan anggota, peningkatan pelayanan psikologis dan pengembangan jaringan kerjasama.

“Kami siap menjadi katalisator perubahan dalam birokrasi, pendidikan, kesehatan, dan pemberdayaan masyarakat.
Kepada masyarakat Papua Tengah, kami berjanji untuk hadir di tengah-tengah masyarakat,” tuturnya.

Advertisements

HIMPSI Wilayah Papua Tengah akan menjadi rumah bagi siapa saja yang membutuhkan dukungan psikologis.

Himpsi Wilayah Papua Tengah akan
menjadi rumah bagi siapa saja yang membutuhkan dukungan psikologis.

penulis : Eci Mnsen
editor : Iba

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan