Penuhi Kebutuhan Idul Adha, 400 Sapi dari Merauke Siap Dikirim ke Timika

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Mimika, drh. Sabelina Fitriyani (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)
Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Mimika, drh. Sabelina Fitriyani (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)

TIMIKA | Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Mimika, drh. Sabelina Fitriyani mengatakan saat ini ada empat wilayah yang diizinkan mengirimkan hewan untuk kebutuhan kurban.

Empat wilayah tersebut adalah Merauke, Keerom, Sorong dan Manokwari. Sabelina menjelaskan dalam bulan ini akan ada 400 ekor sapi yang telah siap dikirim dari Merauke ke Timika.

“Jadi sudah ada satu pemasok yang diambil dari Merauke kurang lebih 400 ekor Sapi. Direncanakan tanggal 16 atau 18 keluar dari Merauke jadi prediksi tanggal 20 bulan ini tiba,” jelas Sabelina ketika ditemui di ruang kerjanya, Kamis (9/6/2022).

Dijelaskan nantinya setelah sapi tersebut tiba di Timika, akan dilakukan karantina meskipun di Merauke sudah dinyatakan siap dan bebas penyakit.

“Karena kita kan ada persyaratan bebas PMK dan Presirosis sehingga nanti tinggal muatan kapal. Seharusnya sudah siap hanya karena kendala cuaca, sehingga diatas tanggal 15 baru bisa pemuatan, bisa berangkat,” ujarnya.

Ia menyampaiakn agar masyarakat yang mau merayakan Idul Adha tidak khawatir sebab menurutnya sudah bisa tercukupi.

“Karena di lokal juga ada mungkin sekitar 50 ekor ada, karena di Timika hanya bisa membackup sekitar segitu karena banyak juga betina, betina kan tidak bisa dipotong, jadi hanya jantan saja yang bisa dipotong yang sudah cukup umurnya sehingga nanti bagi masyarakat yang mau beli lokal juga ada tersedia,” jelasnya.

Reporter: Kristin RejangPenuhi Kebutuhan Idul Adha, 400 Sapi dari Merauke Siap Dikirim ke Timika

 

TIMIKA | Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Mimika, drh. Sabelina Fitriyani mengatakan saat ini ada empat wilayah yang diizinkan mengirimkan hewan untuk kebutuhan kurba

 

Empat wilayah tersebut adalah Merauke, Keerom, Sorong dan Manokwari. Sabelina menjelaskan dalam bulan ini akan ada 400 ekor sapi yang telah siap dikirim dari Merauke ke Timika

 

“Jadi sudah ada satu pemasok yang diambil dari Merauke kurang lebih 400 ekor Sapi. Direncanakan tanggal 16 atau 18  keluar dari Merauke jadi prediksi tanggal 20 bulan ini tiba,” jelas Sabelina ketika ditemui di ruang kerjanya, Kamis (9/6/2022)

 

Dijelaskan nantinya setelah sapi tersebut tiba di Timika, akan dilakukan karantina meskipun di Merauke sudah dinyatakan siap dan bebas penyaki

 

“Karena kita kan ada persyaratan bebas PMK dan Presirosis sehingga nanti tinggal muatan kapal. Seharusnya sudah siap hanya karena kendala cuaca, sehingga diatas tanggal 15 baru bisa pemuatan, bisa berangkat,” ujarnya

 

Ia menyampaiakn agar masyarakat yang mau merayakan Idul Adha tidak khawatir sebab menurutnya sudah bisa tercukupi.

“Karena di lokal juga ada mungkin sekitar 50 ekor ada, karena di Timika hanya bisa membackup sekitar segitu karena banyak juga betina, betina kan tidak bisa dipotong, jadi hanya jantan saja yang bisa dipotong yang sudah cukup umurnya sehingga nanti bagi masyarakat yang mau beli lokal juga ada tersedia,” jelasnya

reporter : Kristin Rejang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.