Ronaldo Waukateyau, Talenta Muda Asli Kamoro Pencetak Gol Terbanyak Bupati Cup 2023

Ronaldo Waukateyau saat menerima tropi top skor Bupati Cup Askab PSSI Mimika tahun 2023 dari Sekretaris Umum KONI Mimika, Simon Kasamol. (Foto: Saldi/Seputarpapua)

TIMIKA | Marselino Ronaldo Waukateyau, talenta muda cabang olahraga sepakbola asli Kabupaten Mimika asal suku Kamoro, tampil memukau bersama timnya Wania Imipi FC selama perhelatan Bupati Cup Askab PSSI Mimika tahun 2023.

Ronaldo sapaan akrabnya, didapuk menjadi pencetak gol terbanyak atau ‘top skor’ dengan mengoleksi sembilan gol selama kompetisi Bupati Cup Askab PSSI Mimika tahun 2023 yang berlangsung sejak 25 November hingga 13 Desember 2023.

Dengan koleksi sebanyak sembilan gol, gelandang kiri berusia 19 tahun yang lahir di Yogyakarta pada 6 Februari 2004 ini, berhak menerima medali dan tropi top skor beserta uang pembinaan atas prestasi yang ditoreh.

Penyerahan medali dan tropi diberikan oleh Sekretaris Umum (Sekum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Mimika, Simon Kasamol, pada penutupan Bupati Cup 2023 di Stadion Wania Imipi, Kelurahan Kamoro Jaya, Distrik Wania, Rabu 13 Desember 2023.

Putra kembar dari pasangan Anakletus Waukateyau dan Emeliana Mutaweyau ini, menunjukkan skill bermain sepakbolanya dalam partai final Bupati Cup 2023. Dengan kepandaiannya menguasai bola, ia mampu menembus pertahanan yang dijaga tiga pemain belakang Brigif FC, klub juara pertama dalam ajang Bupati Cup 2023.

Ronaldo pun tak sendirian dalam membentuk strategi di lapangan untuk menyerang dan masuk ke area pertahanan lawan, ia bersama pemain Wania Imipi FC lainnya yang salah satunya adalah striker atau penyerang merupakan saudara kembarnya, yaitu Fransisco Rivaldo Waukateyau atau yang akrab disapa Rivaldo.

Kedua saudara kembar ini kerap membangun serangan secara bersama-sama ke pertahanan lawan, sehingga duet maut si kembar ini dinilai cukup berbahaya bagi lawannya. Alhasil, di partai final Bupati Cup 2023, Ronaldo mampu menyumbang satu gol untuk timnya, meski kalah 3-2 dari Brigif FC, dan Wania Imipi FC hanya mampu menjadi juara kedua dalam kompetisi itu.

Aksi Ronaldo Waukateyau saat berupaya menembus pertahanan Brigif FC. (Foto: Saldi/Seputarpapua)

 

Baru saja lulus sekolah menengah atas tahun 2023 ini, remaja Kelurahan Kamoro Jaya, SP 1 ini, menyelesaikan pendidikan dasar di SD Inpres Timika 1, menengah pertama di SMP Negeri 5 Mimika dan menegah atas di SMA Negeri 1 Mimika.

Tenyata, Ronaldo memiliki cita-cita ingin menjadi seorang abdi Negara, yakni anggota Polri. Meski begitu, hobi bermain sepakbola terus ia geluti, apalagi ia memiliki motivasi untuk lolos seleksi sebagai atlet tim pra PON Papua Tengah.

“Karena yang kasih support juga orangtua, jadi tambah semangat. Kebetulan ini juga ada ajang seleksi, jadi tidak sia-siakan kesempatan,” ujar Ronaldo.

Tak hanya itu, Ronaldo pun memiliki keinginan menjadi pemain sepakbola profesional dan bergabung dengan klub-klub besar sepakbola tanah air.

“Mungkin dengan adanya ajang pra PON, ada keinginan juga untuk masuk ke klub besar. Jadi ada target juga ke depan,” pungkasnya.

Sementara Ketua Askab PSSI Mimika, Nalio Jangkup mengungkapkan bahwa pihaknya telah melirik beberapa pemain Wania Imipi FC untuk diambil bergabung bersama tim pra PON Papua Tengah, terutama pemain asli Amungme-Kamoro.

“Selama pertandingan memang ada beberapa pemain Amungme-Kamoro yang bermain baik sekali. Saya dapat bocoran mereka juga masuk, termasuk yang tadi itu ada dua pemain ya. Yang striker di Wania Imipi FC itu sudah masuk juga di tim babak kualifikasi, dan ada beberapa pemain lainnya juga,” ungkap Nalio Jangkup.

penulis : Saldi
editor : Iba

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *