Sasaran TMMD ke-114 di Mimika, TNI Bangun Rumah dan Beri Penyuluhan Kesejahteraan Masyarakat

Penyerahan alat kerja dari perwakilan Pemkab Mimika kepada seorang personel TNI dalam upacara pembukaan TMMD Reguler ke 114 Kodim 1710/Mimika. (Foto: Ist)
Penyerahan alat kerja dari perwakilan Pemkab Mimika kepada seorang personel TNI dalam upacara pembukaan TMMD Reguler ke 114 Kodim 1710/Mimika. (Foto: Ist)

TIMIKA | Kodim 1710/Mimika resmi melaksanakan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke 144 tahun anggaran 2022 di Kampung Atapo, Distrik Mimika Barat, Kabupaten Mimika, Papua Tengah.

Pelaksanaan program TMMD ke 114 ditandai dengan upacara pembukaan yang digelar di Lapangan Makodim 1710/Mimika, jalan Agimuga, Kuala Kencana, Selasa (26/7/2022).

Komandan Kodim (Dandim) 1710/Mimika, Letkol Inf Dedi Dwi Cahyadi mengatakan, sasaran fisik dalam pelaksanaan TMMD ini antara lain membangun 6 unit rumah baru tipe 36, serta 3 unit MCK umum.

Selanjutnya, sasaran non fisik yang akan dilakukan mulai dari penyuluhan pertanian, penyuluhan pemanfaatan hasil laut, penyuluhan kesehatan dan pengobatan gratis. Selanjutnya penyuluhan hukum, bahaya narkoba, miras dan lem aibon, serta pembekalan wawasan kebangsaan dan pemutaran film kebangsaan.

Dalam program TMMD kali ini, Pemkab Mimika mengalokasikan anggaran sebesar RP2,5 miliar. Yangmana program akan dilaksanakan mulai hari ini 26 Juli hingga 24 Agustus 2022.

“Ini target operasi hanya 1 bulan, jadi 30 hari harus selesai. Kendala kita, saya rasa tidak banyak kendala, cuma air naik saja. Tapi kita sudah antisipasi,” kata Dandim.

Dandim juga menyebut pihak yang terlibat dalam program TMMD ini ada sebanyak 150 personel yang terdiri dari TNI AD, TNI AL, TNI AU, Polri dan Pemkab serta unsur masyarakat setempat.

“Seluruhnya bersinergi dengan (pembangunan) kampung Atapo,” katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Mimika, Yan S. Purba yang mewakili Pemkab Mimika, pada kesempatan itu juga menyampaikan bahwa Pemkab Mimika berterimakasih atas pelaksanaan TMMD ini.

Dimana anggaran yang dialokasikan melalui program TMMD dianggap sangat membantu pemerintah setempat.

“Saya kira ini sangat membantu Pemerintah. Jadi kami berharap dengan anggaran yang ada, bisa dimaksimalkan. Yang berikut kita tingkatkan lagi,” kata Yan S. Purba.

Ia juga mengatakan, selain sasaran fisik, ternyata sasaran non fisik juga menjadi hal yang penting dan itu dilaksanakan dalam program TMMD ini.

“Program ini harus jalan, karena disana selain (pembangunan) fisik, non fisiknya penting juga. Seperti bela negara. Kita menggali karakter-karakter untuk kita memperkuat NKRI ini. Kita berharap program ini meningkatkan itu,” ujarnya.

Turut hadir dalam upacara pembukaan TMMD Reguler ke 114 Kodim 1710/Mimika ini, Komandan Batalyon B Brimob Pelopor, AKBP Afrizal Asri hingga Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, George L.M Randang.

reporter : Saldi
editor : Batt

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.