Seluruh Jenazah Korban Pembantaian KKB di Beoga Dipulangkan ke Kampung Halaman

ANGKAT | Salah satu jenazah korban pembantaian KKB diangkat petugas dinaikkan ke pesawat untuk diberangkatkan ke kampung halaman. (Foto: Ist/Seputarpapua)
ANGKAT | Salah satu jenazah korban pembantaian KKB diangkat petugas dinaikkan ke pesawat untuk diberangkatkan ke kampung halaman. (Foto: Ist/Seputarpapua)

TIMIKA | Seluruh jenazah pekerja tower BTS 3 proyek Palapa Ring Timur oleh PT Palapa Timur Telematika (PTT) di Kampung Jenggeran, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, dipulangkan ke kampung halaman untuk selanjutnya dimakamkan, Selasa (8/3/2022

Pagi tadi, jenazah pertama yang dipulangkan adalah Bebi Tabuni, pemuda Ilaga yang turut dibantai KKB dalam peristiwa pembantaian pada 2 Maret 2022. Jenazah Bebi diberangkatkan menggunakan pesawat SAS menuju Bandara Aminggaru, Kabupaten Puncak, selanjutnya dimakamkan di Kampung Kimak, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua.

Tujuh jenazah lainnya yakni almarhum Renal Tentua Tagasye diberangkatkan ke Ambon, Provinsi Maluku, jenazah almarhum Billy Galdi Balion diberangkatkan menuju Bandung, jenazah almarhum Ibo diberangkatkan ke Subang.

Selanjutnya jenazah almarhum Jamaluddin diberangkatkan ke Rangkasbitung, jenazah almarhum Syahril Nurdiansyah dan almarhum Eko Septiansyah diberangkatkan ke Jakarta Pusat, dan jenazah almarhum Bona Simanulang diberangkatkan menuju Palu, Sulawesi Tengah.

Ketujuh jenazah diberangkatkan sejak pagi hari hingga siang ini dari Bandara Mozes Kilangin Timika menggunakan maskapai Batik Air dan Sriwijaya melalui bandara transit di Makassar dan Jakarta.

Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Humas Operasi Damai Cartenz 2022, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal yang ditemui di Bandara Mozes Kilangin Timika mengatakan seluruh jenazah korban kini telah diberangkatkan ke daerah asalnya masing-masing.

“Kami juga telah melakukan prosesi penghormatan kepada delapan jenazah karyawan PTT, sebagai bentuk penghargaan tanda jasa kepada para pahlawan pembangunan di tanah Papua,” kata Kombes Kamal.

Kedelapan jenazah tersebut sebelumnya telah berhasil diidentifikasi oleh tim medis RSUD Mimika bersama dokter TNI-Polri dan tim Inavis Polda Papua. Usai pemulasaraan, jenazah dimasukkan ke dalam peti dan disemayamkan di aula Mapolres Mimika sebelum diberangkatkan hari ini.

Sebelumnya, para pekerja tower BTS 3 proyek Palapa Ring Timur pada 2 Maret 2022, tewas dibantai oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kampung Jenggeran, Distrik Beoga. Satu orang pekerja bernama Nelson Sarira, lolos dari maut. Ia berhasil di evakuasi aparat gabungan pada 5 Maret 2022.

penulis : Saldi
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *