Silat Papua Prioritaskan Atlet Peraih Emas jelang Pra-PON

Ketua Pengprov IPS Papua Alfius Demena (Foto: Vidi/Seputarpapua)
Ketua Pengprov IPSI Papua Alfius Demena (Foto: Vidi/Seputarpapua)

JAYAPURA | Tim Silat Papua intens melakukan pemusatan latihan secara mandiri jelang persiapan babak pra kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara tahun 2023.

Ketua Pengprov Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Papua, Alfius Demena mengatakan, pra PON untuk cabang olahraga pencak silat akan dilaksanakan pada bulan Juni 2023 di Solo, Jawa Tengah.

“Cabor beladiri, termasuk silat nanti di Solo bulan Juni, dan saat ini atlet kita sudah lakukan TC mandiri di masing-masing perguruan mereka untuk persiapan pra-PON. Kita tamu, jadi pasti target lolos PON,” kata Alfius Demena kepada wartawan olahraga di Kota Jayapura, pada Jumat, 28 April 2023.

Alfius mengatakan, meski tersisa waktu yang cukup mepet, para atlet tetap menjalani seleksi, namun lebih memprioritaskan atlet yang benar-benar bisa meraih prestasi maupun eks PON XX tahun 2021 lalu.

“Atlet kita ada 2 latihan di Jayapura, sedangkan 4 atlet di luar daerah. Jadi memang yang pra-PON kita dahulukan atlet yang bisa rebut tiket lolos PON, termasuk kita tetap gunakan atlet eks PON yang meraih medali, mungkin 10 atlet yang kita kirimkan,” ujarnya.

Ia harapkan demi wujudkan target lolos ke PON XXI 2024 di Aceh-Sumatera Utara, KONI Papua dapat membantu anggaran persiapan para atletnya.

“Memang kami sangat butuhkan anggaran, mudah-mudahan pemerintah bisa bantu anggaran melalui KONI Papua untuk kita bisa persiapan atlet secara maksimal, tapi kita tetap latihan mandiri sambil menunggu petunjuk dari KONI Papua,” pungkasnya.

Diketahui cabor pencak silat Papua ini pada pelaksanaan PON XX tahun 2021 sewaktu menjadi tuan rumah sukses meraih 2 emas, 4 perak dan 3 medali perunggu bagi kontingen Papua.

penulis : Vidi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *