Vaksin Hewan Peliharaan, Jaga Mimika dari Rabies

Vaksin Hewan
Kepala Disnakkeswan saat memberikan vaksin rabies kepada salah satu hewan peliharaan yang digelar di Pelataran Kantor Disnakkeswan, Sabtu (7/10/2023). (Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua)

TIMIKA | Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) menggelar vaksinasi rabies gratis bagi hewan peliharaan seperti anjing dan kucing di Pelataran Kantor Disnakkeswan, Sabtu (7/10/2023).

Kepala Disnakkeswan Mimika, drh. Sabelina Fitriani menghimbau kepada para pemilik hewan peliharaan untuk menjaga kesehatan peliharaannya.

Sabelina menekankan hewan peliharaan merupakan hewan kesayangan, maka perlu diberikan perhatian dengan cara merawat dengan baik dan memperhatikan jadwal vaksinasi atau vitamin yang perlu diberikan.

“Jika kita melihat antusias di Kabupaten Mimika, untuk memelihara anjing itu masih sebatas kata mereka memelihara ternak, padahal anjing bukan ternak yah bapak dan ibu, anjing adalah hewan kesayangan, itu yang akan kita rubah image (pandangan) nya,” jelasnya.

Pihaknya menargetkan 500 sampai 1000 dosis diberikan kepada hewab peliharaan. Selain itu ada juga pemberian snack, vitamin serta obat cacing secara gratis. Vaksinasi pun akan diberikan selama 1 bulan gratis di Pusat Kesehatan Hewan.

“Tujuan vaksinasi ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat akan bahaya rabies, yang sedang meningkat di daerah seperti NTT dan beberapa daerah lain,” tuturnya.

Selain pemberian vaksinasi, ditandatangani pula komitmen bersama antara Disnakkeswan, Karantina Kelas I, dan Dinas Kesehatan Mimika untuk sama-sama menjaga Mimika bebas rabies.

“Harapannya dengan hadirnya bapak dan ibu semua bisa memberitahukan dan mengdukasi kepada tetangga kita hewan kesayangan patut dirawat dan divaksinasi,” ungkapnya.

Kepala Karantina Pertanian Mimika Ferdy menutuekanz pihaknya berkomitmen untuk terus menjaga Mimika bebas dari rabies dengan terus menjaga pintu masuk Mimika baik dari Udara maupun laut atau pelabuhan dan bandara.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika Reynold Ubra juga menyatakan hal serupa, dan berpesan agar masyarakat bersama-sama menjaga hewan dan lingkungan.

 

penulis : Fachruddin Aji
editor : Iba

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *