Satgas TNI Kembali Amankan Warga PNG Bawa Ganja

Satgas TNI Kembali Amankan Warga PNG Bawa Ganja

JAYAPURA | Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG Yonif Para Raider 432/WSJ Kostrad mengamankan Ruben Wela (21) berkebangsaan Papua Nugini (PNG) yang ditemukan membawa Narkotika jenis ganja, Kamis (28/12).

“Penangkapan terhadap Ruben Wela dilakukan setelah sebelumnya anggota curiga saat yang bersangkutan hendak melintas zona netral dan masuk kewilayah RI,” kata Dansat Yonif 432 Letkol Inf Ahmad Daud.

 

Dikatakan, Ruben Wela sempat berupaya melarikan diri dan kembali memasuki wilayah negaranya namun berhasil ditangkap. Saat digeledah, petugas menemukan sebuah bungkusan mencurigakan. 

 

Setelah dibuka, ternyata bungkusan tersebut berisi 800 gram ganja siap edar yang diisi di dalam 18 paket plastik bening.

 

“Dari pengakuan yang bersangkutan, ke 18 paket ganja seberat 800 gram itu hendak diserahkan ke salah satu pembeli yang bermukim dikawasan Hamadi,” jelas Ahmad Daud.

 

Setelah meminta keterangan dari Ruben Wela, anggota kemudian menyerahkan yang bersangkutan ke polisi untuk diproses hukum lebih lanjut.

 

“Kami sudah menyerahkan yang bersangkutan beserta barang buktinya ke kepolisian,” pungkasnya. 

Advertisements

 

Untuk diketahui, Satgas Pamtas RI-PNG belakangan memang sering menangkap warga PNG yang hendak menyelundupkan Narkotika jenis ganja ke Indonesia. Para pelaku terkadang menyusup masuk melalui ‘jalur-jalur tikus’. (Ant/rum/SP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan