499 CPNS dan PPPK Mimika Lulus Diklat Prajabatan

Pj Sekda Mimika Robert Mayaut saat menyerahkan dokumen tanda kelulusan bagi para perwakilan CPNS dan PPPK yang telah mengikuti Prajabatan maupun Orientasi, di Kantor BKPSDM Mimika, Kamis (7/12/2023). (Foto: Fachruddin Aji/seputarpapua)
Pj Sekda Mimika Robert Mayaut saat menyerahkan dokumen tanda kelulusan bagi para perwakilan CPNS dan PPPK yang telah mengikuti Prajabatan maupun Orientasi, di Kantor BKPSDM Mimika, Kamis (7/12/2023). (Foto: Fachruddin Aji/seputarpapua)

TIMIKA | Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Orientasi Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (PPPK) berjumlah total 499 dinyatakan lulus diklat prajabatan.

Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Yulius Piligame mengatakan peserta yang dinyatakan lulus tersdiri dari
formasi khusus tenaga honorer K1 dan K2 tahun 2021 600 orang dengan rincian CPNS 353 orang, PPPK 155 orang

“Namun dalam pelaksanaan dari tanggal 30 November 2023 sampai dengan 07 Desember 2023 peserta yang mengikuti hanya berjumlah 345 orang CPNS dan 154 orang PPPK,” katanya dalam sambutan penutupan diklat dan orientasi di Kantor BKPSDM Mimika, Kamis (7/12/2023).

Jumlah tersebut berkurang dikarenakan terdapat 2 (dua) peserta dari CPNS dan 1 (satu) orang dari PPPK yang meninggal dunia sedangkan 6 (enam) orang
lainnya mengalami sakit.

“Dari proses pembelajaran klasikal maupun evaluasi akademik yang telah dikuti oleh peserta yakni CPNS selama 7 hari dan PPPK selama 5 hari, serta penilaian sikap perilaku maka dari 345 orang CPNS dan 154 orang PPPK dinyatakan memenuhi syarat sesuai ketentuan dan dinyatakan lulus,” jelasnya.

Sementara itu, Penjabat (PJ) Sekretaris Daerah (Sekda) Mimika Robert Mayaut mewakili Bupati Eltinus Omaleng mengatakan, diklat prajabatan dan orientasi merupakan langkah penyesuaian diri bagi peserta CPNS maupun PPPK sebagaimana dikatakan dalam undang-undang serta ketentuan pelaksanaan oleh peraturan kepala lembaga administrasi negara nomor 15 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pengambangan Kompetensi PPPK.

“Peserta telah bersungguh-sungguh mengikuti diklat dan orientasi ini serta menaati semua peraturan yang telah ditetapkan sebagai bentuk implementasi diri,” kata Robert.

Robert menambahkan pegawai memiliki kompetensi yang tinggi sangat diperlukan sejalan dengan perkembangan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Aparatur Sipil Negara (ASN).

penulis : Fachruddin Aji
editor : Iba

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *