seputarpapua.com

AJI Jayapura Kecam Serangan Teror Terhadap Jurnalis di Papua

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Victor Mambor saat melaporkan kasus perusakan mobil miliknya di Kantor Polisi
Victor Mambor saat melaporkan kasus perusakan mobil miliknya di Kantor Polisi

TIMIKA | Teror dan intimidasi kembali dialami jurnalis yang juga Pemimpin Umum Tabloid Jubi Victor Mambor di Kota Jayapura, Provinsi Papua.

Mobil Isuzu DMax (Double Cabin) milik Victor Mambor yang diparkir di tepi jalan samping rumahnya ditemukan telah dirusak orang tak dikenal pada Rabu (21/4/2021). Perusakan diperkirakan terjadi antara pukul 00.00 hingga pukul 02.00 WIT dini hari.

Aksi tersebut mengakibatkan kaca depan mobil retak diduga dipukul dengan benda tumpul, kaca mobil sebelah kiri hancur, serta pintu depan dan belakang sebelah kiri dicoret-coret dengan cat pilox berwarna orange.

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jayapura dalam siaran pers, Kamis (22/4/2021), menyebut tindakan teror dan intimidasi ini jelas sebagai bentuk kekerasan terhadap jurnalis dan mengancam kebebasan pers di Papua dan Indonesia secara umum.

“Diduga kuat teror yang dialami Victor terkait pemberitaan Tabloid Jubi yang tidak disukai pihak tertentu,” kata Ketua AJI Jayapura, Lucky Ireeuw, dalam rilisnya kepada Seputarpapua.

Menurut AJI, kejadian ini merupakan rentetan dari sejumlah serangan terhadap Victor Mambor maupun Tabloid Jubi yang terjadi sebelumnya.

Berbagai serangan berbasis digital, doxing, dan penyebaran flayer di media sosial dengan konten menyudutkan, mengadu domba, serta tuduhan tak berdasar untuk mengkriminalkan Victor Mambor maupun Tabloid Jubi.

Atas kejadian yang dialami Victor Mambor, maka AJI Jayapura menyatakan sikap:

Sumber: AJI Jayapura
Editor: Aditra
Berita Terkait
Baca Juga