Danny Kosasih Beri Coaching Clinic ke Pebasket Lokal Papua di Timika

PELATIHAN | Ketua PP Perbasi, Danny Kosasih memberikan pelatihan singkat atau coaching clinic kepada para pebasket lokal di Mimika, Papua, Senin (10/01/2022). (Foto: Saldi/Seputarpapua)
PELATIHAN | Ketua PP Perbasi, Danny Kosasih memberikan pelatihan singkat atau coaching clinic kepada para pebasket lokal di Mimika, Papua, Senin (10/01/2022). (Foto: Saldi/Seputarpapua)

TIMIKA | Ketua Pengurus Pusat (PP) Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi), Danny Kosasih, disela iven Indonesia Basketball Festival (IBF) 2022 Series Timika, menyempatkan waktu memberikan coaching clinic atau pelatihan singkat kepada pebasket lokal Papua, Senin (10/01/2022).

Kegiatan ini dilaksanakan di arena basket Mimika Sport Complex (MSC), Mimika, Papua, dan diikuti puluhan pebasket yang tergabung dalam tim yang bertanding pada iven IBF 2022 Timika Series.

Danny mengatakan, materi yang disampaikan berupa materi fundamental serta peraturan permainan basket yang belaku saat ini.

Maksud dari pelatihan singkat ini agar pemain mampu membangun pola bermain basket di tanah Papua lebih baik.

“Kalau mereka tahu lebih awal peraturan permainan seperti apa, saat mereka sudah mengetahui, bisa membangun pola basket di Papua lebih baik,” katanya.

Bahkan dalam pelatihan ini Danny melihat cukup banyak antusias dari para pebasket lokal Papua, khususnya dari Mimika.

Sehingga ia berharap kedepan pelatihan seperti ini bisa diteruskan, apalagi dengan wasit lokal yang sudah ada, justeru lebih baik lagi.

“Mungkin bisa diadakan sebulan sekali atau seminggu sekali, lebih bagus. Supaya bisa saling membagi ilmu. Lebih cepat, lebih bagus,” katanya.

Bahkan kepada Perbasi Mimika ia berharap dapat menjembatani kegiatan seperti ini. Selain melibatkan wasit lokal yang ada, pelatih dari tim-tim yang ada bisa diajak.

“Terus diadakan saja. Dengan begini kan, antara wasit, pelatih dan pemain akan menjadi satu kesatuan. Karena kalau mereka tidak menjadi kesatuan, akan sulit menerima kemajuan di Papua,” teranganya.

Salah satu pemain dari Zetro yang merupakan tim lokal Timika, Rio Gilbert Hamadi yang juga mengikuti coaching clinic tersebut, menyampaikan apresiasinya karena mendapatkan pelatihan singkat dan secara langsung dari Ketua PP Perbasi.

Ia berharap kedepan bisa terus diadakan agar pemain lokal Papua bisa lebih memahami perkembangan terbaru seputar basket.

“Kita berharap bisa ada terus, begitu juga iven-iven seperti IBF ini,” ujarnya.

Di Timika, iven IBF 2022 yang dilaksanakan di arena basket MSC yang dibangun PT Freeport Indonesia (PTFI), mendapat apresiasi dan antusias dari para pecinta basket di Papua, khususnya Timika.

Di mana, iven IBF ini sebagai pemanasan untuk menyambut FIBA Asia Cup Indonesia yang akan dihelat pada tahun ini dan Indonesia sebagai tuan rumah.

reporter : Saldi
editor : Batt

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.