Dinas Peternakan Mimika Distribusikan 300 Lebih Ekor Babi untuk Calon Peternak OAP

Ilustrasi
Ilustrasi

TIMIKA | Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak dan Keswan) Kabupaten Mimika, Papua saat ini tengah mendistribusikan lebih dari 300 ekor bibit babi kepada calon peternak.

“Bibit babi sekitar 300an ekor untuk masyarakat lokal. Sudah ada calon peternak dan itu putra daerah semua. Sebagian sudah didistribusi dan sisanya sementara jalan,” kata Kepala Dinas Peternakan Yosefine Sampelino di Timika, Senin (1/6).

Kata dia, pemberian bibit babi ini merupakan salah program dari Dinas Peternakan yang anggarannya tidak dipotong untuk penanganan Covid-19 di Kabupaten Mimika.

Kegiatan-kegiatan yang tidak dipotong biayanya ialah yang bersumber dari dana otonomi khusus.

Kegiatannya tetap berjalan mulai dari pendistribusian bibit babi dan operasional tempat pembibitan babi.

Lanjut Yosefine, Dinas Peternakan juga setiap tahunnya selalu memberikan 100 ekor bibit babi kepada masyarakat untuk pelatihan menjadi peternak.

Kegiatan yang ditunda

Yosefine menyebutkan, sementara kegiatan-kegiatan yang ditunda pelaksanaannya merupakan kegiatan rutin pada Dinas Peternakan seperti pengadaan pakan untuk masyarakat, pembinaan, penyuluhan dan juga perjalanan keluar daerah untuk kegiatan bimtek.

Ia menambahkan, sekitar 60 persen anggaran pada Dinas Peternakan dipotong untuk penanganan Covid-19.

“60 persen anggaran kita dipotong untuk penanganan Covid-19 di Mimika,” ujarnya.

 

Reporter: Anya Fatma
Editor: Batt
Tanggapi Berita ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.