Dinsos Mimika Berikan Bantuan Korban Kebakaran di Jalan Yos Sudarso

Dinsos Mimika Berikan Bantuan Korban Kebakaran di Jalan Yos Sudarso
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mimika Petrus Yumte didampingi oleh Kepala Kelurahan Dingo Narama Oktavina Naa menyerahkan bantuan bahan pokok secara simbolis bagi korban kebakaran di Jalan Yos Sudarso, Senin (10/6/2024). (Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua)

TIMIKA, Seputarpapua.com | Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Dinas Sosial (Dinsos) menyalurkan bantuan bahan pokok kepada korban kebakaran di Jalan Yos Sudarso, Senin (10/6/2024).

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mimika Petrus Yumte mengatakan, dirinya dan sejumlah tim dari Dinsos mewakili Pemerintah Kabupaten Mimika datang untuk membantu korban kebakaran.

“Hari ini saya datang mewakili (plt) Bupati Mimika dan pemerintah daerah datang dengan apa adanya dengan beras dan lain-lain, untuk menjawab kebutuhan makan dan minum terkait dengan bencana yang teman-teman sedang alami,” ujarnya saat bertemu dengan para korban.

Petrus mengucapkan keprihatinannya terkait dengan kejadian bencana kebakaran yang menimpa para korban.

“Kami pasti merasa susah hati, karena kalian (korban) juga susah, harapan dengan hadirnya kami disini sedikit mengurangi beban, kita tidak bisa mengurangi semua beban paling tidak ini mengurangi beban yang ada, sambil kita bicara lagi soal yang lain-lainnya,” jelasnya.

Petrus melanjutkan, untuk kebutuhan atau keperluan lain bisa disampaikan melalui sebuah dokumen atau catatan, mengingat korban kebakaran di Mimika beberapa tahun belakangan juga masih mengantre untuk bantuan bahan bangunan untuk membangun rumah.

“Korban kebakaran ini bukan kalian saja, ada juga yang masih antre dua tahun lalu tiga tahun lalu, rumah belum ada, atau seng juga belum ada, jadi harapannya memang itu di cover semua,”ujarnya.

Terkait apa yang mesti dilakukan selanjutnya terkait dengan tempat tinggal para korban, Petrus meminta Lurah membuat laporan kepada (Plt) Bupati Mimika.

“Nanti ibu lurah tanda tangan, Pak Kadistrik tanda tangan, berisi semua (korban) punya pemikiran (usul) untuk disampaikan kepada pak (plt) Bupati Mimika, bahwa mereka butuh A, B, C dan D untuk jangka panjang, dan menengah itu,” jelasnya.

“Untuk penanganan lain, nanti kita tunggu kebijakan dari pimpinan daerah, dari dinas kita apa adanya dulu, jadi ini diterima dulu saya dan teman-teman (Dinsos) akan ada disini, jangan sampai kelaparan juga,” imbuhnya.

Kepala Lurah Dinggo Narama Oktavina Naa atas nama warga Kelurahan Dingo Narama RT 5 yang menjadi korban mengucapkan terima masih kepada Pemerintah Kabupaten Mimika. Ia juga menyebut beberapa waktu lalu sudah memberikan bantuan beras sebanyak 84 karung.

Sementara itu, bantuan yang diberikan Dinsos berupa 100 karung beras berat 15 Kg, telur 100 rak, gula 60 Kg, kopi 500 gram sebanyak 50 Kg, 150 liter minyak goreng, air kemasan 220 Ml sebanyak 50 karton.

Advertisements

Menurut data, korban kebakaran yang kehilangan rumahnya di Jalan Yos Sudarso tersebut berjumlah 162 jiwa atau 48 KK, diikuti anak-anak berjumlah 15 laki-laki dan 16 perempuan serta 9 bayi.

penulis : Fachruddin Aji
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan