DPT Mimika Menurun, Komisi A DPRD Bakal Undang KPU

Reddy Wijaya
Reddy Wijaya

TIMIKA | Komisi A DPRD Mimika dalam waktu dekat ini bakal mengundang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mimika untuk melakukan audiensi.

Audiensi ini perlu dilakukan mengingat tahapan pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) sudah berjalan, baik Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres).

“Dalam waktu dekat ini kami (Komisi A) akan undang KPU Mimika,” kata Sekretaris Komisi A DPRD Mimika, Reddy Wijaya di Kantor Redaksi Seputarpapua.com, Kamis (22/9/2022).

Kata Reddy, sebelumnya pihaknya telah mengundang Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Mimika sebagai lembaga penyelenggara Pemilu.

“Kemarin kami sudah audiens dengan Bawaslu, tujuannya untuk mengetahui perkembangan pengawasan terhadap pelaksanaan tahapan Pemilu. Serta untuk mengetahui sejauh mana pemuktahiran dan pemeliharaan data pemilih secara berkelanjutan,” katanya.

Hasil audiensi dengan Bawaslu ditemukan bahwa ada penurunan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang dilakukan oleh KPU. Karenanya, sebagai tindak lanjut, pihaknya akan panggil KPU Mimika guna mengetahui apa yang terjadi.

“Kami ingin tahu, hal-hal apa saja yang menjadi faktor berkurangnya DPT. Serta apakah ada kendala-kendala dalam pelaksanaannya,” tuturnya.

Lanjut Reddy, dengan mengetahui perkembangan dan kendala yang ada, ini akan menjadi bahan evaluasi untuk ditindaklanjuti kedepannya. Sehingga, diharapkan pelaksanaan Pemilu pada 2024 nanti tidak ada kendala-kendala  mendasar, dan yang bisa mempengaruhi pelaksanaan.

“Masih ada waktu untuk melakukan evaluasi terhadap kendala yang ada. Dengan harapan lembaga penyelenggara Pemilu itu bisa berjalan dengan lancar dan baik,” ungkapnya.

 

reporter : Mujiono
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.