Freeport Ekspor 2 Juta Ton Konsentart di Agustus, Menteri Bahlil Sebut ini Hadiah HUT dan Sejarah

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia didampingi Presdir PTFI Tony Wenas dan manajemen PTFI usai pelepasan Kapal Ajkwa. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia didampingi Presdir PTFI Tony Wenas dan manajemen PTFI usai pelepasan Kapal Ajkwa. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA | Menteri Investasi atau Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyebut PT Freeport Indonesia memberikan hadiah HUT Kemerdekaan ke 77 RI yang sangat bersejarah.

Hal ini diungkapkan usai melepas keberangkatan Kapal Ajkwa yang mengangkut 8.600 ton konsentrat tambang PT Freeport Indonesia (PTFI) dari Pelabuhan Amamapare, Mimika, Papua Tengah, Senin (15/8/2022).

Di bulan Agustus ini, kapasitas ekspor mencapai 2 juta ton dan pengiriman dengan jumlah sebanyak ini belum pernah terjadi di bulan agustus sejak Freeport ada di Indonesia.

“Ini hadiah ulang tahun. Harus dicatat sejak Freeport ada di Republik ini belum pernah ada kapasitas ekspor 2 juta ton di bulan Agustus, ini sejarah,” kata Bahlil.

Menteri Bahlil juga mengapresiasi komitmen PTFI untuk terus memberi nilai tambah melalui berbagai kegiatan operasionalnya.

Bahlil berharap multiplier effects yang PTFI berikan akan mempercepat pemerataan pembangunan Indonesia, termasuk pemerataan kesejahteraan masyarakat dan masuknya investasi asing di berbagai daerah di Indonesia, khususnya Papua.

Kapal yang dilepas tidak hanya membawa konsentrat tembaga, namun juga membawa harapan agar multiplier effects yang tercipta dari peleburan tembaga ini terus memberi manfaat bagi masyarakat.

“51 persen saham sudah milih BUMN, sehingga persepsi dulu bahwa Freeport bukan punya Indonesia ini sudah harus kita geser,” ungkapnya.

 

reporter : Anya Fatma

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.