Jenazah Anggota TNI-Polri yang Gugur di Puncak Jaya Dievakuasi ke Jayapura

Proses evakuasi jenazah korban penyerangan OTK di Distrik Ilu, Kabupaten Puncak Jaya, Papua Tengah. (Foto: Dok Humas Polda Papua)
Proses evakuasi jenazah korban penyerangan OTK di Distrik Ilu, Kabupaten Puncak Jaya, Papua Tengah. (Foto: Dok Humas Polda Papua)

TIMIKA | Jenazah Serda Riswar Ramli Mansamber personel Koramil 1714-02/Ilu dan Bripda Mesar Meizyard Elisa Indey personel Polsek Ilu, Kabupaten Puncak Jaya, Papua Tengah, Minggu (26/3/2023) telah dievakuasi ke Jayapura, Papua.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo mengatakan, pemberangkatan kedua jenazah anggota TNI-Polri korban penyerangan bersenjata oleh orang tak dikenal (OTK) saat melakukan pengamanan salat tarawih di Masjid Al-Amaliyah, Distrik Ilu, menggunakan pesawat SAM Air PK-SMS menuju Jayapura.

Setiba di Bandara Sentani, Almarhum Bripda Mesar Meizyard Elisa Indey dibawa menuju rumah duka di Distrik Sentani Barat untuk disemayamkan. Rencana besok, Senin, 27 Maret 2023, jenazah Bripda Mesar akan diterbangkan lagi ke Merauke, Papua Selatan untuk dimakamkan.

Sedangkan jenazah Almarhum Serda Riswar Ramli dibawa menuju Mako Batalyon Infanteri Raider Khusus 751/Vira Jaya Sakti, Distrik Sentani Kota untuk disemayamkan. Rencananya juga jenazah Serda Riswar akan diterbangkan lagi ke Sorong, Papua Barat Daya untuk dimakamkan.

Diketahui sebelumnya aksi penyerangan dilakukan OTK terhadap anggota TNI-Polri yang sedang mengamankan warga umat muslim melalukan ibadah salat tarawih di Masjid Al-Amaliyah, Distrik Ilu, Puncak Jaya, Papua Tengah pada Sabtu, 25 Maret 2023.

Akibat penyerangan itu terjadi kontak tembak antara OTK dengan aparat gabungan TNI-Polri yang berlangsung sekitar pukul 19.30 sampai 21.00 WIT.

Kontak tembak itu mengakibatkan tiga personel gabungan TNI-Polri tertembak, dua diantaranya meninggal dunia yakni Bripda Mesar Meizyard Elisa Indey personel Polsek Ilu yang terkena tembak pada bagian perut, dan Serda Riswar Ramli personel Koramil 1714-02/Ilu yang terkena tembak pada tulang belakang dan bagian leher.

Sedangkan seorang personel Polsek Ilu lainnya bernama Brigpol M. Arif Hidayat terkena tembak pada kaki bagian paha yang hingga kini masih dalam penanganan medis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.