Kalah dari Papua Barat, Giliran Futsal Putri Papua Gagal Menuju PON XXI

Kalah dari Papua Barat, Giliran Futsal Putri Papua Gagal Menuju PON XXI
Tim futsal putra putri Papua. (Foto: Vidi/Seputarpapua)

JAYAPURA | Futsal putri Papua terpaksa mengikuti jejak putra gagal lolos ke PON XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut) tahun 2024. Pasukan Theo Balubun ini pada laga terakhir dikalahkan Papua Barat dengan skor akhir 3-5 yang berlangsung di GOR Cenderawasih, Kota Jayapura, Papua, Minggu (5/11/2023).

Futsal putri Papua tergabung bersama Sulawesi Utara dan Papua Barat di grup F. Papua kalah head to head dari lawannya Papua Barat setelah perhitungan poin dengan mereka. Di mana, Papua hanya satu kali menang laga melawan Sulut (4-2), Papua Barat mengantongi dua menang melawan Papua (3-5) dan Sulut (3-2).

Pelatih kepala futsal Papua Barat, Paulus Krey bersyukur bisa meraih satu tiket lolos ke PON XXI, meskipun ia akui persiapan timnya sangat singkat dilakukan.

“Masih banyak hal yang harus diperbaiki karena Pra-PON ini mendesak, jadi persiapan kurang maksimal dan waktu TC kurang banyak, sehingga penampilan anak-anak kurang konsisten. Apalagi kita latihan cuma 1 minggu saja karena KONI Papua Barat juga kurang aktif,” kata Paulus Krey usai laga.

Dengan lolosnya Papua Barat ke PON XXI, dia akan menyiapkan timnya lebih baik lagi. “Kita akan persiapan lebih baik lagi, kita kembali ke daerah melihat kesiapan dan dukungan dari Asprov dan Asosiasi Futsal Papua Barat untuk PON XXI,” ujarnya.

Sementara, Ketua Asosiasi Futsal Provinsi Papua Daud Arim mengatakan sebenarnya futsal putri Papua memiliki kans untuk lolos, terlihat dari permainan kedua tim yang terus ngotot sepanjang pertandingan. Hanya saja, Papua Barat lebih unggul dari jumlah poin.

“Futsal putri Papua tadi mungkin karena faktor tidak beruntungan saja, padahal mereka sudah siap memenangkan pertandingan tadi. Pertandingan tadi sama-sama ngotot, tapi regulasinya Papua Barat keluar sebagai pemenang di grup F wilayah Papua, kita kalah dari selisih gol,” kata Daud Arim.

Dia juga menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat Papua atas tidak lolosnya cabang olahraga futsal putra dan putri untuk berlaga di PON XXI Aceh-Sumut 2024 mendatang.

“Ini sudah hasil yang futsal dapatkan, kami meminta maaf kepada masyarakat dan pecinta futsal di Papua karena putra putri tidak lolos PON. Kita sudah berusaha, tapi semua lawan lebih baik, kita berharap tetap latihan untuk persiapan PON berikutnya,” tandasnya.

Penulis: Vidi
Editor: Saldi Hermanto

penulis : Vidi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *