Ketua KPU Mimika Sikapi Demo di Kuala Kencana

TIMIKA | Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mimika Dete Abugau akhirnya menyikapi aksi demo di Distrik Kuala Kencana.

Date langsung turun lapangan bertemu warga Distrik Kuala Kencana yang memblokade jalan Cenderawasih, Mimika, Papua Tengah, Senin (12/2/2024) karena menunt perubahan lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Dete saat ditemui wartawan usai mendengar masukan dari masyarakat mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi besarnya keinginan masyarakat untuk menyalurkan suaranya.

“Intinya saya apresiasi masyarakat, artinya mereka sadar untuk menyalurkan hak pilih mereka dengan semangat itu mereka datang (pertanyakan,red) di mana kami memilih,” ungkapnya.

Setelah dirinya dan perwakilan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bertemu dengan masyarakat dan berdiskusi, akhirnya masyarakat menerima lokasi TPS Distrik Kuala Kencana tidak berubah atau sesuai dengan hasil pleno.

“Lokasi TPS tetap taruh sesuai dengan hasil pleno beberapa waktu lalu, sehingga masyarakat esok datang memilih di titik koordinat yang sudah di pleno kan,” tuturnya.

Dete menyebut TPS tidak bisa dipindahkan lagi sesuai keinginan masyarakat yang ingin di Karya Kencana atau Mimika Gunung, Tioka Kencana.

“Tidak, (TPS) tidak bisa bergeser, pergeseran terjadi apabila longsor, banjir, perang atau dari segi keamanan itu tidak memungkinkan itu baru pindah lokasi, sememtara di Mimika kan aman, jadi kita tidak memindahkan itu,” terangnya.

Berkaitan dengan salah satu penyampaian masyarakat tentang bagaimana pemilih lansia yang ingin menyalurkan hak pilihnya mengingat lokasi TPS yang mungkin jauh dari domisilinya, Dete menyebut masyarakat bisa menggunakan kendaraan, meskipun pihaknya juga meminta bantuan dari distrik untuk bisa memfasilitasi para lansia atau mereka yang berkebutuhan khusus.

Adapun total TPS di Distrik Kuala Kencana, yakni 93, rincian sebagai berikut:

1. BHINTUKA (7 TPS)
2. JIMBI (5 TPS)
3. KARANG SENANG (28 TPS)
4. KARYA KENCANA (5 TPS)
5. KUALA KENCANA (29 TPS)
6. MIMIKA GUNUNG (2 TPS)
7. TIOKA KENCANA (2 TPS)
8. UTIKINI BARU (9 TPS)
9. UTIKINI DUA (3 TPS)
10. UTIKINI TIGA (3 TPS)

penulis : Fachruddin Aji
editor : Iba

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *