Ketum KONI Pusat Bakal Buka Kualifikasi Sepakbola dan Futsal PON XXI 4 DOB di Mimika

Konferensi pers panitia pelaksana terkait persiapan penyelenggaraan babak kualifikasi PON XXI Aceh-Sumut cabang olahraga sepakbola dan futsal empat daerah otonomi baru (DOB) di Papua. (Foto: Saldi/Seputarpapua)

TIMIKA | Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Letjen TNI (Purn) Marciano Norman rencananya akan membuka secara langsung babak kualifikasi PON XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut) cabang olahraga sepakbola dan futsal putra-putri khusus empat Daerah Otonomi Baru (DOB) di tanah Papua yang akan berlangsung 24-29 Januari 2024 di Kabupaten Mimika, Papua Tengah.

Empat DOB tersebut antara lain Provinsi Papua Tengah, Papua Selatan, Papua Pegunungan dan Papua Barat Daya. Keempat kontingen ini akan memperebutkan satu tiket masing-masing cabang ke PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Wakil Ketua I KONI Provinsi Papua Tengah Cesar Avianto Tunya dalam konferensi pers yang digelar di Sekretariat Panpel, Minggu (21/1/2024) menyebut, Ketua Umum KONI akan bertandang ke Mimika setelah sebelumnya melantik pengurus KONI Provinsi Papua Pegunungan di Wamena.

“Rencananya Ketua Umum KONI Pusat dan jajaran akan tiba di Mimika pada Selasa 23 Januari 2024 menggunakan pesawat khusus yang sudah disiapkan dari Wamena, tadi saya dikonfirmasi Dandim Jayawijaya, kemudian kembali ke Jakarta pada 25 Januari 2024,” ungkapnya.

Selain Ketua Umum KONI Pusat dan jajaran, nantinya pembukaan Babak Kualifikasi PON XXI cabor sepakbola dan futsal khusus DOB rencananya akan dihadiri pula oleh Pj Gubernur dari masing-masing DOB.

“Saya baru dapat konfirmasi jika Ketua KONI Pusat dan Pj Gubernur Papua Pegunungan yang akan tiba, lainnya nanti kita lihat,” ungkapnya.

Kabupaten Mimika dipilih menjadi tuan rumah lantaran dinilai aksesnya cukup mudah, sebab seluruh perangkat pertandingan nantinya akan berasal dari Jakarta atau PSSI Pusat.

Sementara Ketua Panitia Babak Kualifikasi Sepakbola PON XXI khusus DOB, Suraya Madubun memaparkan, peserta cabor sepakbola putra dan putri akan diikuti empat kontingen dari seluruh DOB.

Selanjutnya untuk kategori putri hanya tiga DOB yang mengirimkan tim, yakni Papua Tengah, Papua Pegunungan dan Papua Selatan, sedangkan Papua Barat Daya tidak mengirimkan tim.

“Kontingen (sepakbola putra) Papua Tengah dan Pegunungan sudah ada disini, Selatan dan Barat Daya besok tiba,” paparnya.

Sedangkan Ketua Panitia Babak Kualifikasi Futsal PON XXI khusus DOB, Natex Bugaleng menjelaskan, peserta cabor futsal putra ada tiga kontingen yakni Papua Tengah, Pegunungan dan Selatan. Futsal putri hanya diikuti dua kontingen DOB dari Papua Tengah dan Pegunungan.

“Mereka akan bertanding mulai 25-27 Januari 2024 di GOR Futsal Mimika (eks PON XX), khusus yang kategori putri itu karena dua saja, sistemnya home and away, putra setengah kompetisi,” terangnya.

Advertisements

Wakil Ketua Askab PSSI Mimika yang juga termasuk kedalam jajaran Panitia Pelaksana, Raimondus A. Kelanangame memaparkan, gelaran kualifikasi cabor sepakbola putra-putri akan digelar mulai 24-29 Januari 2024 bertempat di Stadion Wania Imipi.

“Pembagian jadwalnya tanggal genap itu untuk kategori putra, tanggal ganjil itu kategori putri, dengan sistem setengah kompetisi atau grup, jadi semua tim bertemu, yang juara grup lah yang lolos ke PON XXI,” terangnya.

penulis : Fachruddin Aji
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan