KKB Bakar Barak Pemuda dan Olahraga di Intan Jaya, Sebby: Dipimpin Undius Kogeya

KKB bakar barak Dinas Pemuda dan Olahraga Intan Jaya, Selasa (16/8/2022). (Foto: Ist)
KKB bakar barak Dinas Pemuda dan Olahraga Intan Jaya, Selasa (16/8/2022). (Foto: Ist)

TIMIKA | Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) melakukan pembakaran Barak Dinas Pemuda dan Olahraga di Kampung Mamba, Kabupaten Intan Jaya, Selasa (16/8/2022).

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal mengatakan pihaknya menerima laporan terkait peristiwa tersebut pada pukul 10.30 WIT.

“Kami mendapat laporan, bahwa terjadi pembakaran barak oleh Kelompok Kriminal Bersenjata di Kampung Mamba Kabupaten Intan Jaya,” katanya.

Ia menerangkan, sekitar pukul 10.37 WIT, terlihat kepulan asap tebal di kompleks kampung Mamba kemudian terdengar dentuman tembakan.

Kamal menyebut penembakan diduga dilakukan KKB pimpinan Undius Kogoya di beberapa titik, yakni sekitar Dusun Bajemba sebanyak 2 kali, sekitar tower Bilogai sebanyak 2 kali dan sekitar J.2 sebanyak 2 kali.

“KKB juga melakukan tembakan dari arah tower Bilogai sebanyak 6 kali yang kemudian dibalas oleh anggota Polres Intan Jaya dan Pos Satgas Preventife dan terjadi kontak tembak,” ungkapnya.

Kontak tembak, lanjut Kamal, tidak menimbulkan korban jiwa. Hanya saja, KKB sempat melakukan pembakaran gedung kantor pemerintahan.

“Saat ini personil gabungan masih melakukan penjagaan dan patroli di seputar Sugapa, ibu kota Kabupaten Intan Jaya,” katanya.

Kendati begitu, Kamal menyebut situasi kemanan secara umum di Kabupaten Intan Jaya relatif kondusif.

“Situasi di Sugapa Kabupaten Intan Jaya relatif aman dan kondusif, personel gabungan terus meningkatkan penjagaan dan patroli,” tutup Kamal.

Sementara itu, Juru Bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom mengatakan serangan itu telah dikonfirmasi Panglima Kodap VIII TPNPB Intan Jaya, Undius Kogoya.

“Bridgen Undius Kogeya mengatakan bahwa mereka telah berhasil serang Pos Militer Indonesia di Ibu Kota Kabupaten Intan Jaya pagi ini,” kata Sebby dalam keterangan tertulis, Selasa.

Pos militer yang dimaksud Sebby mengarah pada Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga Pemkab Intan Jaya sebagaimana pernyataan Kabid Humas Polda Papua.

Sebby mengonfirmasi bahwa benar Undius Kogeya bersama anak buahnya membakar sebuah bangunan yang disebutnya sebagai Pos Militer Indonesia.

Ia juga menyebut terjadi baku tembak antara pasukannya dengan TNI/Polri.

“Pasukan TPNPB di bawah Komando Bridgen Undius Kogeya berhasil bakar rumah atau bangunan sebagai Pos Militer pada pukul 10.10 pagi,” katanya.

Sebby mengklaim penembakan ini merupakan aksi penolakan bangsa Papua atas peringatan atau Perayaan HUT RI di seluruh Tanah Papua.

“Sebagai tindakan penolakan kami dari kodap VIII Intan Jaya dipimpin oleh Panglima Kodap VIII Kemabu, Intan Jaya Bridgen Undius Kogeya dan Komandan Operasi Mayor Karel Tipogau,” ucapnya.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Sevianto Pakiding
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.