KPU Papua Tengah Tetapkan 1.128.844 DPT untuk Pemilu 2024

Ket foto: KPU Papua Tengah melakukan rapat pleno penetapan daftar pemilih tetap (DPT), Selasa (27/6/2023). (Foto: Christian Degei/Seputarpapua)
Ket foto: KPU Papua Tengah melakukan rapat pleno penetapan daftar pemilih tetap (DPT), Selasa (27/6/2023). (Foto: Christian Degei/Seputarpapua)

NABIRE | KPU Provinsi Papua Tengah menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Provinsi Papua Tengah untuk Pemilu 2024, Selasa (27/6/2023), di Kantor Sementara KPU Papua Tengah, Kabupaten Nabire.

Ketua KPU Papua Tengah Jennifer Darling Tabuni mengatakan, pihaknya resmi menetapkan DPT untuk Provinsi Papua Tengah sebanyak 1.128.844 pada Pemilu 2024.

“Jadi jumlah keseluruhannya DPT untuk Papua Tengah 1.128.844 yang kami tetapkan hari ini,” kata Jennifer Darling Tabuni kepada awak media.

Ia menjelaskan, dari jumlah DPT sebanyak 1.128.844, itu terbagi dalam jumlah laki-laki sebanyak 604.549 dan perempuan 524.295.

Provinsi Papua Tengah berjumlah 8 kabupaten terdiri dari 131 kecamatan atau distrik, kampung atau kelurahan sebanyak 1.197. Sehingga jumlah tempat pemungutan suara (TPS) ada sebanyak 4.484.

Jennifer Darling Tabuni mengatakan proses penetapan DPT Papua Tengah berdasarkan penetapan DPT di tingkat KPU setiap kabupaten.

Untuk itu, ia berharap dari DPT yang telah ditetapkan maka masyarakat atau pemilih telah memiliki hak pilih pada 14 Februari 2024.

Pihaknya meminta kepada para calon pemilih yang belum terakomodir dalam DPT agar segera melaporkan diri sesuai mekanisme yang ada agar bisa segera terdata dalam DPT.

“Tidak ada yang menyampaikan keberatan soal DPT, dan semua berjalan lancar,” katanya.

“Saya berpesan kepada semua masyarakat yang ada di Papua Tengah bahwa, sesuai DPT yang kami tetapkan hari ini, bisa dicek namanya ada atau tidak. Dan saya minta kita kawal bersama agar pesta demokrasi ini bisa berjalan aman dan lancar,” imbuhnya.

Turut hadir dalam rapat pleno penetapan DPT antara lain delegasi partai politik, para calon DPD, DPR serta komisioner KPU beserta staf dan jajaran dan Bawaslu dari 8 kabupaten di Papua Tengah bersama dengan unsur TNI-Polri.

 

penulis : Christian Degei
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan