Lampaui Target, Indonesia Ciptakan 13 Rekor Baru di Asian Para Games Hangzhou

Lampaui Target, Indonesia Ciptakan 13 Rekor Baru di Asian Para Games Hangzhou
Kontingen Asian Para Games Indonesia. (Foto: Kemenpora)

JAYAPURA | Indonesia sukses mengunci peringkat enam pada ajang Asian Para Games 2022 Hangzhou. Tim Merah Putih melampaui target dengan membawa pulang 29 medali emas, 30 medali perak, dan 36 medali perunggu.

Selain melampaui target dari sebelumnya hanya 19 medali emas, Indonesia juga menciptakan 13 rekor baru, yakni delapan rekor Asian Para Games, tiga rekor Asia, dan dua rekor dunia. Lalu ada juag emas pertama sepanjang sejarah dalam cabor blind judo, serta emas pertama cabor boccia.

Hasil ini menjadi kebangaan bagi Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Dito Ariotedjo. Dia menyebutkan pencapaian tersebut sangat luar biasa. “Tentu ini capaian yang sangat baik. Banyak rekor yang dipecahkan dan itu menandakan apa yang diprogramkan NPC Indonesia di pelatnas berjalan dengan baik,” kata Menpora dari laman resmi Kemenpora RI, Selasa (31/10/2023).

Advertisements

Sementara Ketua Umum National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Senny Marbun mengatakan, pencapaian prestasi membanggakan Indonesia ini tidak terlepas dari campur tangan dan perhatian semua pihak.

“Tentu prestasi ini diraih tidak gampang. Presiden memberikan kesetaraan terhadap seluruh atlet berprestasi. Kami akan selalu bersemangat untuk mengharumkan nama Indonesia dipanggung internasional,” katanya.

Sedangkan Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia Angela Tanoesoedibjo memberikan apresiasi tinggi atas kerja keras seluruh atlet yang tergabung dalam kontingen Indonesia. Menurutnya, Asian Para Games kali ini membawa Indonesia menjadi nomor satu se-ASEAN.

“Sehingga bisa disimpulkan bahwa tahun ini adalah prestasi terbaik Indonesia sepanjang mengikuti ajang Asian Para Games diluar menjadi tuan rumah. Kita sangat bangga dengan tim Merah Putih yang dengan konsisten dan semangat berjuang memberikan yang terbaik untuk Indonesia,” pungkasnya.

penulis : Vidi
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *