Masalah Penempatan TPS, Warga Distrik Kuala Kencana Palang Jalan

Masalah Penempatan TPS, Warga Distrik Kuala Kencana Palang Jalan
Suasana aksi di depan Kantor Distrik Kuala Kencana, Senin (12/2/2024). (Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua)

TIMIKA | Sejumlah warga melakukan aksi pemalangan jalan di depan Kantor Distrik Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Senin (12/2/2024), menyebabkan arus lalu lintas dari kota Timika menuju Kuala Kencana maupun Mile 32 dan sebaliknya menjadi terhambat.

Koordinator aksi, Surbo Magai mengungkapkan, warga melakukan aksi pemalangan jalan karena tempat pemungutan suara (TPS) dipindahkan dari wilayah pemukiman warga ke dalam area kota Kuala Kencana.

“Kami selama beberapa puluh tahun sudah kami lewati, dari almarhum pak Klemen Tinal sampai Eltinus beberapa periode ini TPS tidak pernah berpindah-pindah, dan masyarakat saya sudah tahu mereka punyaTPS, punya tempat, KTP juga domisili Kuala Kencana,” tegasnya.

Berkaitan dengan lokasi TPS, masyarakat dan pihak KPU Mimika sudah melakukan pertemuan, tetapi belum membuahkan hasil.

“Berdasarkan itu kita datang demo minta kita punya TPS, karena TPS hari ini aturan ini atau itu. TPS kita dicabut dan dipindah ke (dalam) Kuala Kencana semua, akhirnya pertemuan pertama dengan mantan Komisioner pak Beanal, tidak sampai titik finis. Kemudian pertemuan kedua dengan kakak Abugau (Ketua KPU baru) di aula distrik, sama juga. (Pada pertemuan kedua) kita ada solusi, yaitu ada 8 TPS termasuk 5 lagi disahkan di (dalam) Kuala Kencana, sisanya dikeluarkan,” tuturnya.

Namun, menurut Surbo, hingga saat ini belum ada informasi terkait berapa TPS yang dikeluarkan dari dalam wilayah kota Kuala Kencana.

“Hanya sisa yang dikeluarkan ini belum dikasih tahu dimana (ditempatkan) sampai detik ini. Yang hilang saya tidak tahu, mungkin ada sekitar 15 TPS, jadi kami masyarakat demo minta dikembalikan,” tegasnya.

Surbo menekankan apabila tidak ada keputusan terkait dengan TPS yang dimaksud, mereka akan tetap melakukan aksi hingga saat pelaksanaan pemungutan suara.

“Kami akan ada di sini sampai pagi, sampai besok kalau tidak ada keputusan soal TPS, dengan massa lebih besar,” katanya.

Selain itu, massa juga meminta agar ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Kuala Kencana dan Karang Senang untuk diganti.

Hingga berita ini diterbitkan, massa masih melakukan aksi di depan Kantor Distrik Kuala Kencana dan sedang ditemui oleh Ketua KPU Mimika, Dete Abugau.

penulis : Fachruddin Aji

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *