PAN dan Golkar Serahkan Berkas Bacaleg ke KPU Mimika

Partai PAN dan Golkar saat menyerahkan berkas persyaratan bacalegnya ke KPU Mimika, Jumat (12/5/2023). (Foto: Fachruddin Aji/seputarpapua)
Partai PAN dan Golkar saat menyerahkan berkas persyaratan bacalegnya ke KPU Mimika, Jumat (12/5/2023). (Foto: Fachruddin Aji/seputarpapua)

TIMIKA | Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Golongan Karya (Golkar) hari ini, Jumat (12/5/2023), menyerahkan berkas bakal calon legislatifnya ke Kantor KPUD Mimika, Papua Tengah.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PAN Mimika, Philipus Wakerwa, mengatakan dengan mendaftarnya PAN sebagai partai ketiga, pihaknya mengharapkan juga dapat meraih urutan yang sama dalam perolehan kursi pada Pemilu Legislatif tahun 2024 di Mimika.

“Mudah-mudahan untuk pemilu lagi nomor urut tiga lagi di kursi DPR,” katanya saat ditemui usai mendaftar.

Philipus menjelaskan saat tiba untuk menyerahkan berkas pihaknya diterima langsung oleh KPUD Mimika, namun ada beberapa arahan yang disampaikan KPUD kepada PAN.

“Tadi ada arahan-arahan dari komisioner KPU untuk kita, sambil menunggu ada (data) connect (tersambung) dari DPP Pusat (PAN Pusat) ke KPU. Ada beberapa kekurangan dokumen dan persyaratan lain yang belum disiapkan,” katanya.

“Satu dua hari ini, mudah-mudahan juga besok bisa kami antar kalau sudah siap dan waktu yang ditentukan oleh KPU,” imbuhnya.

Philipus berharap kekurangan dapat segera dipenuhi, dan bakal caleg PAN dapat bekerjasama dengan baik dengan penghubung KPUD Mimika dalam upaya memenuhi persyaratan itu.

“Tapi pada prinsipnya kami siap untuk menang begitu,” ungkapnya.

Philipus menegaskan PAN juga mendaftarkan sebanyak 35 bakal caleg sesuai persyaratan.

“PAN sudah siap sesuai dengan kuota kursi yang di DPR 35 orang itu dipanggil sudah (sesuai) juga dengan kuota laki-laki dan perempuan, sudah memenuhi syarat,” paparnya.

“Kita siap bertanding dan diharapkan untuk siap menang,” tambahnya.

Sementara itu, partai lain yang menyerahkan berkasnya di hari yang sama adalah Partai Golkar. Ketua DPD Partai Golkar Mimika, Fernando A. Yansen Tinal bersama rombongan langsung melakukan registrasi yang dilanjutkan dengan penyerahan berkas persyaratan di lantai II Kantor Sekretariat KPUD Mimika.

Advertisements

Yansen usai melakukan penyerahan mengaku bersyukur berkas bacalegnya dinyatakan lengkap.

“Dengan demikian, 35 dari bakal calon kami sudah dinyatakan lolos dan berkasnya sudah lengkap, sehingga tadi kami sudah diberikan berita acara dan tanda terima dari KPU yang menyatakan bahwa Partai Golongan Karya telah lengkap dokumennya untuk hari ini,” katanya.

Sementara itu, Ketua KPU Mimika Indra Ebang Ola menyebut sejauh ini dari beberapa partai yang telah menyerahkan berkasnya ke KPU Mimika ada dua partai yang telah dinyatakan lengkap, yakni PDIP dan Golkar. Sementara Partai Nasdem dengan catatan dan PAN dijadwalkan ulang.

Advertisements

“Kalau PAN tadi mereka datang tetapi ada kendala-kendala teknis yang harus mereka penuhi. Sehingga akan di schedule (jadwalkan) kan kembali,” katanya.

“Jadi dari 18 partai yang telah membawa dokumen dan dinyatakan lengkap adalah PDIP, Golkar dan Nasdem dengan catatan,” imbuhnya.

Indra pun mengimbau kepada partai politik yang belum menyerahkan berkas persyaratan bacalegnya disisa dua hari ini benar- benar menyerahkan dokumen yang sudah lengkap.

Advertisements

“Karena tidak ada lagi waktu, batas akhir pendaftaran setelah tanggal 14 Mei 2023 pukul 23.59 WIT,” tutupnya.

penulis : Fachruddin Aji
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan