Peredaran Narkotika di Timika Marak, Orang Tua Diingatkan Jaga Anak

Ilustrasi
Ilustrasi

TIMIKA | Peredaran Narkotika berbagai jenis marak di Timika, Kabupaten Mimika.

Bupati Kabupaten Mimika, Eltinus Omaleng menyebut banyak pula anak-naka muda yang sudah terjerumus yang menyebabkan mereka harus direhabilitasi karena kondisi kesehatan, bahkan ada yang ditahan di Rumah Tahanan (Rutan).

“Ternyata kita punya daerah ini ada beberapa jenis narkotika yang masuk,” Kata Bupati, Jumat (27/5/2022).

Dijelaskan Narkoba yang masuk ke Timika didatangkan dari Makassar, Surabaya, Jakarta dan Jayapura.

“Jadi seperti ganja itu dari PNG masuk di Jayapura, sedangkan Sabu itu dari Makassar, juga dari Surabaya juga itu Sinte. Di sini sudah banyak di Papua sehingga kita punya anak-anak ini bisa rusak karena kalau sudah rasa bisa kecanduan,” katanya.

Bupati mengatakan saat ini, pemerintah juga sementara berupaya melakukan sosialisasi. Ia berharap stakeholder seperti gabungan organisasi di Timika turut memberikan sosialisasi terkait hal tersebut.

“Pemerintah dukung dan meningkatkan sosialisasi. Kita akan mulai dari gereja masjid dan sekolah sekolah SMP sampai SMA untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak,” katanya.

Ia juga meminta agar orang tua bisa mengawasi anak-anaknya.

“Ini juga tanggungjawab orang tua agar bisa memperhatikan anaknya,” pungkasnya.

 

reporter : Kristin Rejang
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.