Puskesmas Tsinga Layani Warganya di Timika Maksimalkan Layanan Kesehatan

Puskesmas Tsinga melakukan pelayanan kesehatan untuk warganya di wilayah Kota Timika. (Foto: Saldi/Seputarpapua)
Puskesmas Tsinga melakukan pelayanan kesehatan untuk warganya di wilayah Kota Timika. (Foto: Saldi/Seputarpapua)

TIMIKA | Puskesmas Tsinga yang bertugas memberikan pelayanan kesehatan masyarakat di Kampung Tsinga, Distrik Tembagapura, juga melakukan pelayanan kesehatan di Kota Timika, Kabupaten Mimika, Papua Tengah.

Kegiatan pelayanan kesehatan yang sudah berlangsung 2 bulan belakangan ini, bertujuan memaksimalkan tugas pelayanan terhadap masyarakat Tsinga.

Kali ini, Rabu (14/9/2022), petugas kesehatan Puskesmas Tsinga melakukan pelayanan kesehatan untuk warga berdomisili Tsinga yang berada di kompleks perumahan YPMAK, area Irigasi.

Di kompleks tersebut, kata Kepala Puskesmas (Kapus) Tsinga, Otto Dominggus Kocu, banyak warga Tsinga yang tinggal sementara bersama keluarga maupun kerabatnya. Mereka ini tidak menetap, usai keperluan di Timika akan kembali lagi ke Kampung Tsinga.

“Saya sebagai Kapus Tsinga, lakukan pendekatan sama kita punya masyarakat, yangmana sebagian di kota dan sebagian di gunung. Jadi kami pelayanan dengan mencari kami punya masyarakat yang di kota,” ujar Otto ditemui wartawan di sela kegiatan pelayanan kesehatan.

Kegiatan ini, dijelaskan Otto, akan terus berlanjut selama warga Tsinga masih beraktivitas turun gunung atau bepergian dari kampung ke kota Timika. Mereka kebanyakan tinggal sementara di keluarga atau kerabat mereka di beberapa lokasi atau wilayah, seperti misalnya di area Irigasi maupun SP 2.

“Ada banyak titik, tapi kami tidak bisa rangkul semua kalau cuma satu dua orang. Jadi kami kumpul semua di satu titik baru kami pelayanan,” katanya.

Kegiatan ini tentu saja berkoordinasi dengan puskesmas setempat, seperti pada kegiatan pelayanan yang dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Pasar Sentral maupun Puskesmas Timika Jaya (SP 2).

“Kali ini kami kolaborasi sama Puskesmas Pasar Sentral, nanti bulan depan kami kerjasama dengan Puskesmas Timika Jaya kita pelayanan di Kali Beko SP 2,” ujarnya.

Jenis pelayanan yang lakukan antara lain posyandu dan pengobatan. Masyarakat yang memiliki keluhan kesehatan akan dilayani mulai dari konsultasi hingga pengobatan.

“Kami kegiatan terus menerus, selama warga Tsinga masih terus turun ke Timika kami melakukan pelayanan. Tapi tetap yang utama kami melakukan pelayanan di Tsinga,” pungkasnya.

Selain dengan bekerjasama dengan puskesmas setempat, Otto juga bekerjasama dengan Community Healt Development (CHD) PT Freeport dan Persekutuan Pelayanan Kesehatan Kristen di Indonesia (Pelkesi).

Tanggapi Berita ini
reporter : Saldi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.