Seleksi 9 Anggota DPRD Mimika Jalur Otsus Belum Dilakukan

Seleksi 9 Anggota DPRD Mimika Jalur Otsus Belum Dilakukan
Kepala Badan Kesbangpol Mimika, Yan Selamat Purba. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA | Seleksi 9anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, melalui jalur otonomi khusus (Otsus) belum dilakukan.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Mimika, Yan Selamat Purba menjelaskan, sampai saat ini belum ada panita seleksi (Pansel) yang ditunjuk untuk melakukan seleksi.

Purba menjelaskan, panitia seleksi nanti dari pemerintah provinsi yang diusulkan oleh gubernur, dari tokoh adat yang diusul Majelis Rakyat Papua (MRP), dari kabupaten diusul oleh Bupati, akademisi dan kejaksaan.

Panitia seleksi ini akan diseleksi oleh Panitia Pemilihan (Panpil) dari Pemerintah Provinsi yang ditetapkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Pansel ini nanti di SK-kan oleh gubernur,” kata Purba saat diwawancara di Gedung Tongkonan, Jalan Sam Ratulangi, Mimika, Senin (19/2/2024).

Panitia seleksi ini nanti akan membuat petunjuk teknis (juknis) untuk seleksi anggota DPRD Otsus. “Mereka bikin juknis, setelah itu baru sosialisasi,” kata Purba.

Ia mengungkapkan, sembilan anggota DPRD Otsus ini terdiri dari 3 perempuan dan 6 laki-laki.

Sesuai rencana, paling lambat bulan Maret sudah ada Pansel yang dibentuk untuk melakukan seleksi.

penulis : Anya Fatma
editor : Iba

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar

  1. Amelia Ibo

    Jika saja jujur dalam mencalonkan calon legislatif lewat otsus, baiklah menilai dengan hati tanpa ada mani londri and many politik, agar semua yang terpilih boleh bekerja dengan hati untuk kepentingan rakyat di atas kepentingan pribadi, maka di situ kasih Tuhan akan nampak dan menyentu sampai ke akar rumput.
    Kiranya Tuhan Yesus memberkati pemerintahan yang bersih dan pemerintahan ilahi di tegakkan di bumi ini.

    Balas
Sudah ditampilkan semua