Sering Tergenang saat Hujan, Dinas Ketahanan Pangan Bakal Bangun Kantor Baru

Kepala Dinas Ketahanan Pangan
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mimika Yulius Koga saat ditemui wartawan di Kantor Bappeda Mimika, Jumat (6/10/2023), usai melakukan pertemuan Seminar Akhir membahas Pembangunan Gedung Baru Dinas Ketahanan Pangan. (Foto: Fachruddin Aji/seputarpapua)

TIMIKA | Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mimika akan membangun gedung baru, karena gedung lama mereka halamannya sering tergenang air saat hujan dan kondisi gedung yang dinilai sudah tua.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Mimika Yulius Koga menjelaskan pembangunan gedung baru sangat mendesak.

“Halaman itu kalau hujan bisa ‘berenang’ kita disitu, itu karena pipa paralon untuk mengalirkan air itu tidak ditembuskan ke saluran air (parit) yang ada di depan kantor itu,” jelasnya saat ditemui wartawan di Kantor Bappeda Mimika, Jumat (6/10/2023).

Menurut rencana, gedung lama akan digunakan sebagai gudang penyimpanan cadangan pangan.

“Selama ini kalau kita beli beras cadangan pangan kami biasa titip di Bulog atau pihak ketiga, karena tidak ada gudang,” tuturnya.

Pembangunan gedung baru rencananya akan dilakukan di atas lahan gedung lama, namun Yulius menolak, karena kantor yang lama akan dijadikan gudang.

“Untuk pembangunan gedung baru ini kebetulan di perubahan kita ada anggaran pembelian tanah, lokasinya tepat disebelah gedung lama, itu saya kemarin sudah rencanakan,” ungkapnya.

Yulius pun menegaskan, dirinya ingin agar pembangunan gedung baru dibangun di tanah tersebut. Jika tidak, maka ia akan membatalkan perencanaan pembangunan gedung baru itu.

“Kalau memang tidak jadi di tanah yang saya sudah maka perencanaan ini saya batalkan, mungkin tahun berikut baru dianggarkan tapi tanah tetap kami beli,” ujarnya.

Anggaran pembangunan gedung baru hanya fisik, karena menggunakan tanah gedung lama sehingga mencapai 17 miliar sudah termasuk pajak tanpa meubeler.

“Tanah baru itu luasnya sekitar 2 hektare,” ungkapnya.

penulis : Fachruddin Aji

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *