Soal Penembakan Pesawat di Nduga, Ini Penjelasan Kasatgas Ops Damai Cartenz

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2022, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal. (Foto: Saldi/Seputarpapua)
Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2022, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal. (Foto: Saldi/Seputarpapua)

TIMIKA | Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2022, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal menjelaskan soal klaim penembakan pesawat pengangkut ternak babi oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Bandara Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua pada Senin, 30 Mei 2022.

Menurut Kasatgas Humas, memang pada saat itu terdengar suara tembakan. Tetapi itu terjadi ketika pesawat sudah melakukan take off atau lepas landas dari Bandara Kenyam, bukan pada saat pesawat melakukan landing atau mendarat di bandara.

Kemudian, Ia juga mengatakan bahwa pesawat yang dimaksud bukan memuat hewan ternak babi, melainkan memuat penumpang atau masyarakat dari Nduga.

“Itukan jauh sekali. Jadi ada suara tembakan. Itu ketika pesawat sudah take off, bukan dia landing. Tapi meninggalkan (bandara). Kalau dia landing, itu berarti dia datang, ditembak. Itu take off, dia bawa orang, warga masyarakat, bukan babi. Atau babi polisi gitu maksudnya? Sebagai sarana kontak (tembak)? Tidak,” jelas Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz yang ditemui di Mapolres Mimika, Selasa (31/5/2022).

Kebetulan, kata Kasatgas Humas, pada Jumat pekan kemarin dirinya masih berada di Kabupaten Nduga. Situasi keamanan di wilayah itu, kata dia, cukup aman dan kondusif.

Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB), sayap militer Organisasi Papua Merdeka (OPM), sebelumnya menyampaikan bahwa kelompok Egianus Kogoya menembak pesawat pengangkut ternak babi di Bandara Kenyam, pada Senin.

Jubir Manajemen Markas Pusat Komnas TPNPB-OPM, Sebby Sambom, menjelaskan laporan penembakan itu diterima langsung dari Kenyam dan disampikan oleh Egianus Kogoya selaku Panglima Kodap III Ndugama. Yangmana penembakan dilakukan sekitar pukul 11.15 waktu setempat.

“Pada hari ini Senin, tanggal 30 Mei 2022, mereka berhasil tembak pesawat yang angkut babi dari luar Ndugama,” demikian disampaikan Sebby Sambom dalam siaran pers yang diterima Seputarpapua.com, Senin malam.

Bahkan, disampaikan juga terjadi kontak tembak dengan pasukan TNI-Polri dan berlanjut di Jalan Kote, Kenyam.

“Panglima TPNPB Kodap III Ndugama-Derakma, Bridgen Egianus Kogeya sampaikan bahwa mereka akan segera kirim laporan lengkap, apakah ada korban di kedua belah-pihak,” kata Sebby.

reporter : Saldi
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.