seputarpapua.com

Tim SAR Baru Temukan Perahu Ketinting Sebelumnya Hilang di Muara Atsj

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
PENCARIAN | Tim SAR gabungan saat melakukan operasi SAR pencarian korban perahu terbalik di perairan muara Atsj, Kabupaten Asmat, Papua. (Foto: Humas Kantor SAR Timika)
PENCARIAN | Tim SAR gabungan saat melakukan operasi SAR pencarian korban perahu terbalik di perairan muara Atsj, Kabupaten Asmat, Papua. (Foto: Humas Kantor SAR Timika)

TIMIKA | Tim SAR Gabungan dalam operasi pencarian baru menemukan
perahu ketinting yang terbalik dihantam ombak perairan muara Atsj, Kabupaten Asmat, Papua, Selasa (27/4/2021).

Sementara satu orang penumpang perahu ketinting yang dinyatakan hilang belum ditemukan.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika dalam keterangannya kepada awak media Selasa malam, menyampaikan proses pencarian hari pertama baru menemukan perahu yang kondisinya sudah tenggelam 80 persen dari permukaan air.

Dalam proses operasi SAR pencarian korban tersebut, tim SAR gabungan telah menyusuri lokasi kejadian dan pesisir muara Atsj. Dalam penyisiran tersebut tim SAR gabungan hanya menemukan perahu ketinting.

Selasa hariĀ  ini, proses pencarian dilakukan hingga pukul 17.15 WIT tim SAR gabungan kembali ke Pos Pencarian dan Pertolongan Asmat.

Di mana, proses pencarian juga dibantu oleh keluarga korban dan masyarakat di sekitar Atsj, namun belum berhasil menemukan korban Linus (52/L).

“Pada pukul 17.00 pencarian korban dihentikan sementara dan direncanakan pencarian akan kembali dilanjutkan pada besok pagi pukul 06.00 dengan memperluas area pencarian sesuai prediksi perhitungan pasang surut air dari BMKG,” demikian rilis yang dikeluarkan SAR Timika.

Sebelumnya, perahu jenis ketinting terbalik di perairan Muara Atsj pada Senin, 26 April 2021 sekitar pukul 15.30 WIT. Dari empat korban, tiga dinyatakan selamat, sementara satu orang lainnya dilaporkan hilang.

Pos Pencarian dan Pertolongan Asmat baru mendapat laporan kejadian itu hari Selasa, 27 April 2021 sekitar pukul 08.05 WIT. Di mana seorang warga bernama Daniel yang merupakan keluarga korban, melaporkan perahu jenis ketinting bermuatan empat orang terbalik setelah dihantam ombak di perairan muara Atsj.

Empat orang penumpang perahu tiga diantaranya adalah Wepi (24/L), Emi (20/P) dan Oto (18/L) selamat setelah berusaha berenang ke pinggir pantai, sedangkan Linus (52/L) dinyatakan.

Setelah menerima laporan, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, George L. M. Randang langsung memberangkatkan Tim SAR gabungan yang terdiri tiga personel rescuer Pos Pencarian dan Pertolongan Asmat, satu personel anggota TNI AL dan satu personel anggota Polairud menuju lokasi kejadian menggunakan alat utama RIB 85 PK.

Reporter: Saldi
Editor: Mish
Berita Terkait
Baca Juga