TP PKK Asmat Turun Kampung Berikan Sosialisasi Kesehatan Masyarakat

ARAHAN | Ketua TP PKK Asmat Orpa Susana Kambuaya saat memberikan arahan kepada ibu-ibu, Sabtu (31/7/2021). (Foto: Fagi/ Seputarpapua)
ARAHAN | Ketua TP PKK Asmat Orpa Susana Kambuaya saat memberikan arahan kepada ibu-ibu, Sabtu (31/7/2021). (Foto: Fagi/ Seputarpapua)

ASMAT | Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Asmat, Papua, melakukan kunjungan ke Kampung Sakor dan Yausakor, Distrik Sirets, Sabtu (21/7/2021).

Dalam kunjungannya itu, TP PKK memberikan sosialisasi kesehatan masyarakat di tengah pandemi Covid-19, dan juga pembagian masker.

Selain itu, diberikan produk makanan bergizi berupa kacang hijau, susu kaleng, telur, gula, dan sebagainya untuk masyarakat setempat.

Produk makanan bergizi itu diserahkan langsung Ketua TP PKK Asmat Orpa Susana Kambuaya, kepada Ketua PKK Distrik Sirets Mery Rahatel, di Kantor Distrik Siret yang berada di Kampung Sakor.

Ketua TP-PKK Asmat Orpa Susana Kambuaya mengatakan, kunjungan yang dilakukan ini dalam rangka mensosialisasikan program-program PKK.

Salah satunya yaitu memberikan sosialisasi kesehatan masyarakat. Apalagi dimasa pandemi Covid-19 perang ibu sangat penting.

Mengingat, PKK mempunyai tangungjawab untuk memberikan penguatan spritual dan mental kepada warga setempat.

Hal ini sejalan dengan program pemerintah pusat kepada daerah di masa pandemi Covid-19.

“Yang perlu disosialisasikan adalah kesehatan masyarakat, terutama berpola hidup sehat,” kata Orpa kepada seputarpapua.com.

Menurutnya, program yang dimiliki PKK bukan hanya kegiatan fisik, tetapi non fisik juga dilakukan.

Untuk itu, pengurus PKK harus bisa menjadi garda terdepan dalam mendorong kesejahteraan keluarga yang lebih produktif.

“Kepada ibu-ibu PKK agar tetap produktif dalam melaksanakan tugasnya sebagai ibu rumah tangga, dan kegiatan sosial lainya,” ujar Orpa.

Dimasa pandemi Covid-19, Orpa mengingatkan kepada seluruh warga untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Terutama memakai masker, mencuci tangan pakai sabun di air mengalir yang bersih dan menjaga jarak fisik.

Disamping itu, tetap menjaga imun tubuh dengan memakan makanan yang bergizi seimbang, serta istirahat yang cukup.

Orpa juga mengingatkan kepada pengurus PKK Distrik untuk tetap memantau setiap orang baru yang masuk ke wilayahnya.

Arahkan kepada orang tersebut untuk memeriksakan kesehatan di puskesmas sebelum beraktivitas bersama masyarakat

“Karena Covid-19 sudah tersebar di beberapa distrik di Asmat,” pungkas Orpa.

penulis : Faqi Difinubun
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *