Warga Maluku di Timika Peringati Hari Pattimura ke 205 Tahun

OBOR | Pembakaran obor Pattimura oleh Asisten I Setda Mimika Yulianus Sasarari. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)
OBOR | Pembakaran obor Pattimura oleh Asisten I Setda Mimika Yulianus Sasarari. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA | Warga Maluku di Kota Timika, Kabupaten Mimika, Papua memperingati hari Pattimura ke 205 tahun di Halaman Gedung Eme Neme Yauware, Timika, Jumat (27/5/2022).

Peringatan hari Pattimura sekaligus halal bihalal Idul fitri 1443 hijriyah Ikatan Keluarga Maluku (IKEMAL).

Thomas Matulessy atau yang lebih dikenal Kapitan Pattimura adalah pahlawan nasional yang namanya mahsyur karena keberaniannya melawan hingga mengusir penjajah dari Bumi Maluku.

Sebutan Kapitan Pattimura disematkan kepada pahlawan yang lahir di Saparua, Maluku, 8 Juni 1783 ini tepat pada 14 Mei 1817 oleh rakyat Saparua sebagai pemimpin pemberontakan.

Acara diawali dengan pembakaran obor Pattimura sebagai tanda semangat Kapitan Pattimura oleh Asisten I Setda Kabupaten Mimika, Yulianus Sasarari mewakili Bupati Eltinus Omaleng. Dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Quran dan qasidah dari MT Ar Rahman.

Yulianus Sasarari dalam sambutan mewakili Bupati, mengatakan Pattimura adalah pahlawan nasional yang telah berjuang melawan penjajah.

Tekad, semangat dan perjuangan Pattimura hendaknya menjiwai sanubari sebagai generasi penerus perjuangan pengisi kemerdekaan.

“Tekad, semangat dan perjuangan kita sebagai Pattimura muda saat ini adalah merawat, menjaga dan menjahit kebinekaan untuk tetap bersatu dalam bingkai NKRI,” katanya.

Melalui momen ini warga Maluku di Mimika diajak untuk bersama menjaga persatuan, keamanan dan ketertiban.

“Peringatan ini hendaknya lebih mempererat persatuan, toleransi dan kerjasama sebagai warga negara khususnya warga Maluku yang dikenal dengan semboyan potong di kuku rasa di daging atau ape rasa beta rasa,” tuturnya.

“Pattimura tua boleh mati, tapi akan bangkit Pattimura-Pattimura muda untuk meneruskan perjuangan Lawamena Haulala,” tambahnya.

Ketua Ikemal Piet Rafra mengatakan, melalui momentum ini dapat memberikan semangat bagi kita untuk bersama membangun kabupaten Mimika.

“Kali ini Peringatan HUT Patimura kami satukan dengan Halal Bi Halal, karena didalam masyarakat Maluku banyak juga orang muslim, jadi untuk menjaga toleransi beragama dan saling menghormati,” kata Piet.

Ia juga mengatakan, dengan adanya HUT Patimura dan Halal Bi Halal, kiranya dapat memberikan edukasi kepada masyarakat untuk lebih tertib dalam semua aspek, termasuk membantu pemerintah dalam rangka pembangunan daerah.

“Ini yang ke 4 kali penyelenggaraan HUT Pattimura di Timika, untuk kali ini yang menyelenggarakan HUT Patimura ke 205 adalah Kerukunan Kei,” ungkapnya.

reporter : Anya Fatma, Arifin
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.