Legislator Mimika Minta Dinkes Perhatikan Penderita Kusta di Potowayburu

Legislator Mimika Minta Dinkes Perhatikan Penderita Kusta di Potowayburu
Wakil Ketua II DPRD Mimika Yonas Magal saat menyampaikan arahan kepada masyarakat Potowayburu. (Foto: Ist/SP)

TIMIKA | Anggota DPRD Mimika, Papua M. Nurman Karupukaro sangat menyayangkan kurangnya perhatian Dinas Kesehatan setempat terhadap pasien penderita penyakit Kusta yang ada di Potowayburu, Distrik Mimika Barat Jauh.

"Saat ini kurang lebih ada lima orang penderita kusta di Kampung Potowayburu dan Aindua. Kondisi ini sudah berlangsung lama, dan tidak ada perhatian dari Dinkes," kata Politisi Partai Gerindra ini di Kantor DPRD Mimika, Selasa (16/10).

Kata dia, munculnya penyakit kusta karena beberapa faktor, seperti pola hidup yang tidak bersih, jarang mandi dan juga makan makanan yang kurang bergizi. Apalagi, di Potowayburu dekat dengan laut dan kemungkinan masalah endapan tanah dan lainnya.

Ironisnya, penderita Kusta ini minim perhatian dari Dinkes Mimika. Padahal penyakit Kusta dapat menular. Untuk itu, perlu mendapatkan perhatian yang serius dari pemerintah, dengan memberikan perawatan dan tempat khusus.

"Tenaga kesehatan pernah melaporkan, tapi tidak ada tanggapan, dan kondisi ini sudah lima tahun sejak dirinya jadi anggota DPRD. Kalau tidak segera ditangani, maka akan menyebar ke masyarakat lainnya. Terbukti, dulu hanya tiga, sekarang ada lima orang," terangnya.

"Saya minta Kepala Dinas Kesehatan, tidak hanya bicara di media tapi turun ke kampung agar tau apa yang terjadi dan menjadi keluh kesah masyarakat," ungkapnya. (mjo/SP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan