616 Anak dan 165 Pendamping di Mimika Terima Bantuan Stunting

Pelayanan di Kantor Pos Timika. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA | Sebanyak 616 anak dan 165 pendamping di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah menerima bantuan stunting tahun 2023 tiga tahap, yakni Oktober, November dan Desember.

Manager Pelayanan Kantor Pos Timika, Niki Asdi Nur Rizky menjelaskan dana bantuan stunting diterima pada pertengahan bulan Desember dan langsung dibagikan pada Jumat, 15 Desember 2023.

Bantuan stunting ini dialokasikan untuk 175 pendamping dan 616 Balita. “Projeknya dari Dinas Kesehatan Provinsi Papua Tengah, datanya dari Puskesmas dan Posyandu setempat,” kata Niky di Timika, Jumat (29/12/2023).

Bantuan stunting ini diberikan untuk tiga tahap dan pembagiannya dua kali. Satu Balita menerima bantuan sebesar Rp1 juta untuk satu tahap.

“Satu anak dapat Rp3 juta,“ ujarnya.

Dijelaskan, bantuan ini harus diterima langsung oleh orang tua dari anak yang namanya terdaftar sebagai penerima bantuan. Kantor Pos akan memberikan bantuan langsung kepada orang tua kandung didampingi pendamping

“Jadi tidak boleh dikolektif ke pendamping, ditakutkan tidak sampai ke anaknya,” ungkapnya.

Sampai Kamis 28 Desember 2023, sudah lebih dari 380 anak atau sekitar 68,9 persen orang tua yang mengambil bantuan stunting.

Lanjutnya, sebagian besar yang sudah mengambil adalah yang berada di wilayah kota. Sedangkan untuk di wilayah pesisir dan pegunungan, masih dikoordinasikan dengan Dinas Kesehatan untuk penyaluran ya.

Ia menyebut, di wilayah pesisir dan pegunungan juga tidak banyak, seperti di Tsinga ada 1 anak, Jila 4 anak.

Sedangkan untuk pendamping sebagai kader yang ditugaskan di Posyandu untuk memantau langsung anak-anak stunting, masing-masing menerima satu tahap ada yang Rp500 ribu, Rp750 ribu dan Rp1 juta.

“Pendamping sudah sekitar 74,5 persen yang sudah ambil,” pungkasnya.

penulis : Anya Fatma
editor : Iba

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *