8 Bulan Pilot Susi Air Disandera KKB, Ini Kata Kapolda Papua

Kopolda Soal Pilot Susi Air
Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri. (Foto:Humas Polda Papua)

JAYAPURA | Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) hingga kini masih menyandera Pilot Susi Air Captain Phillip Mark Mehrtens yang kini sudah memasuki 8 bulan lamanya sejak ditahan pada 7 Februari 2023.

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri mengatakan, Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke Jayapura, Papua beberapa waktu lalu, sempat membahas upaya pembebasan Captain Phillip Mark Mehrtens.

Kapolda mengungkap bahwa, Presiden meminta aparat keamanan TNI-Polri dalam upaya pembebasan pilot dapat dilakukan dengan sejumlah cara baik.

“Pak Presiden selalu meminta kepada kita untuk pendekatan yang baik. (Sehingga) langkah penegakan hukum sudah kita hitung,” kata Mathius di Polda Papua, Jumat (6/10/2023).

Sebelumnya juga, Pangdam/XVII Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan mengungkap kalau kondisi Captain Phillip dalam kondisi baik. Bahkan mengatakan pilot Phillip dijaga oleh KKB.

“Sampai saat ini kondisinya baik, mereka jaga pilot dengan baik. Sehingga tidak ada masalah,” kata Mayjen Izak pada Kamis, 5 Oktober 2023.

Menurutnya, TNI-Polri masih mengupayakan negosiasi dengan KKB untuk proses pembebasan di kawasan pegunungan Papua.

“Pilot masih ada di hutan sana dengan kelompok Egianus, kita terus mengedepankan negosiasi,” ujarnya.

Diketahui, Philip Mark Mehrtens disandera usai KKB pimpinan Egianus Kogoya membakar pesawat Susi Air di Bandara Paro, Distrik Paro, Kabupaten Nduga pada 7 Februari 2023.

penulis : Musa

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *