Debut Perdana Feny Binsbarek di Kualifikasi Olimpiade Paris 2024

Skuad timnas wanita Indonesia saat bertolak ke Lebanon. (Foto: Dok PSSI)
Skuad timnas wanita Indonesia saat bertolak ke Lebanon. (Foto: Dok PSSI)

JAYAPURA | Pelatih timnas wanita Indonesia Rudy Eka memboyong 22 pemain untuk memperkuat skuad Garuda Pertiwi ke Lebanon pada laga fase grup F kontra tim tuan rumah dan Taiwan pada Babak Pertama Kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

Dari 22 pemain, ada debut perdana Feny Binsbarek untuk bergabung bersama timnas wanita Indonesia kali ini. Feny Binsbarek merupakan pemain asal Papua yang menjadi top skor pada turnamen sepakbola Piala Pertiwi 2022/2023 bulan Maret lalu.

Perempuan kelahiran Biak 11 Februari 2001 itu menjadi andalan klub Toli FC dan berhasil membawa klubnya mempertahankan juara bertahan pada turnamen antar wanita itu. Bahkan torehan klub yang dibelanya itu, berhasil membukukan 47 gol diantaranya 14 gol yang sudah dibuatnya.

Advertisements

Mimpinya itu menjadi kenyataan saat ia inginkan untuk bermain bersama rekan-rekannya di timnas wanita Indonesia.

“Saya beryukur bisa menjadi bagian dari timnas Indonesia, ini kesempatan bagus yang tidak akan di sia-siakan. Saya akan bermain semangat untuk timnas, menjadi kebanggan bagi saya sendiri,” ujar Feny melalui pesan singkatnya, Rabu (5/4/2023).

Sementara itu, 22 pemain yang diboyong telah menjalani seleksi dari sebelumnya 26 pemain yang terpanggil.

“Kami lakukan penilaian terhadap adaptasi dan kesiapan mereka selama melakukan TC sehingga mereka siap dalam menghadapi laga nanti. Dua laga di fase grup sangat menentukan langkah kami di babak selanjutnya, jadi kami harus tampil maksimal dengan skuat yang maksimal juga,” ungkap Rudy dalam laman resmi PSSI.

Sebelum pengumuman skuat yang akan dibawa hari ini, sebelumnya skuat Garuda Pertiwi menjalani laga uji coba kontra tim putri DKI Jakarta untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) di Lapangan C, Senayan, Jakarta pada Senin malam, 3 Maret 2023. Sheva Imut dan kawan-kawan pun menang dengan skor akhir 6-0.

“Secara permainan anak-anak sudah bermain dengan baik, hanya ada beberapa poin yang harus disempurnakan. Mentalitas dan permainan harus seimbang sehingga pada laga nanti kita bisa bermain sesuai dengan game plan,” ungkap asisten pelatih timnas wanita Yopie Riwoe.

Yopie menambahkan, penampilan para pemain juga harus ditingkatkan, seperti posisi penyerang yang turut aktif dalam menjemput bola, serta memantapkan lini pertahanan.

Advertisements

“Lini pertahanan harus ditingkatkan kerjasamanya, sehingga para pemain bisa saling beradu dan memancing terjadinya defensive error yang selama ini belum terlihat. Kita doakan bersama tim bisa tampil maksimal,” pungkas Yopie.

Seperti diketahui skuat Garuda Pertiwi berada satu grup dengan Taiwan dan Lebanon pada babak pertama Kualifikasi Olimpiade Paris 2024. Ketiga tim pun berada di Grup F, di mana pertandingan akan digelar di Lebanon.

Advertisements

Jika lolos dan menempati juara grup pada babak pertama kualifikasi ini, Ade Mustikiana dan kawan-kawan akan melaju ke babak kedua kualifikasi, di mana lima tim peringkat tertinggi FIFA zona Asia sudah menanti di babak ini, yakni Korea Utara, Jepang, Australia, Tiongkok, dan Korea Selatan.

Berikut Daftar 22 Pemain untuk Babak Pertama Kualifikasi Olimpiade Paris 2024:
1. Krisda Marharith Arobaya (GK)
2. Laita Ro’ati Masykuroh (GK)
3. Shesilia Putri Desrina (GK)
4. Ade Mustikiana (DF)
5. Amanda Florentinae (DF)
6. Berlyan Asya Pertiwi (DF)
7. Nastasia Suci Ramadhani (DF)
8. Remini Chere Rumbewas (DF)
9. Safira Ika Putri Kartini (DF)
10. Feny Binsbarek (MF)
11. Gea Yumanda (MF)
12. Helsya Maeisyaroh (MF)
13. Jesella Arifya Sari (MF)
14. Liza Armanita Madjar (MF)
15. Nurhayati (MF)
16. Reva Oktaviani (MF)
17. Rihla Nuer Aulia (MF)
18. Viny Silfianus Sunaryo (MF)
19. Carla Bio Pattinasarany (FW)
20. Claudia Alexandra Scheunemann (FW)
21. Octavianti Dwi Nurmalita (FW)
22. Sheva Imut Furyzcha (FW)

penulis : Vidi
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *