Dinas Pertanian Asmat Salurkan Ratusan Hewan Ternak untuk Kelompok Tani Ternak

Hewan ternak yang akan disalurkan ke kelompok penerima manfaat. (Foto: Ist)
Hewan ternak yang akan disalurkan ke kelompok penerima manfaat. (Foto: Ist)

ASMAT | Ratusan hewan ternak disalurkan Bidang Pertenakan pada Dinas Tanaman Pangan dan Pertanian Kabupaten Asmat, Papua Selatan untuk 9 kelompok tani ternak yang tersebar di 9 kampung dari 4 distrik.

Adapun hewan ternak yang disalurkan pada Kamis (15/12/2022) terdiri dari 157 babi, 60 kambing dan 710 entok.

Kepala dinas Tanaman Pangan dan Pertanian Kabupaten Asmat Rudolf D. Noviarto mengatakan, bantuan hibah ini bukan untuk perseorangan, tetapi untuk kelompok tani ternak yang mengajukan usulan/proposal bantuan hibah yang ditujukan kepada Bupati  Asmat.

“Kelompok penerima manfaat  sudah ditetapkan dalam Surat Keputusan Bupati Asmat,” kata Rudolf.

Menurutnya, bantuan hibah ternak ini menggunakan dana Otsus tahun anggaran 2022 yang diperuntukan bagi Orang Asli Papua (OAP).

Tujuannya, untuk meningkatan ekonomi masyarakat melalui pemberdayaan budidaya ternak, sehingga masyarakat dapat mandiri dan sejahtera.

Hal ini sesuai dengan Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Asmat, pada Misi kedua, yakni meningkatkan kesejahteraan melalui pemberdayaan ekonomi kerakyatan bagi masyarakat Papua.

Rudolf berharap, bantuan hibah ternak ini kedepannya bisa bermanfaat untuk masyarakat. Disamping itu, dapat menambah populasi dari hewan ternak tersebut.

“Kedepannya proses pemberian hibah ternak oleh pemerintah ini dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat, serta dapat berkembang untuk menambah populasi ternak dalam kelompok dan meningakatkan pendapatan Peternak di Kabupaten Asmat,” tandas Rudolf.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Elgo
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.