Egianus Kogoya: Kami Tidak Terima Uang!

Tangkap Layar Pemimpin Pasukan Kodap III Ndugama Derakma Egianus Kogoya saat menyampaikan permyataannya.
Tangkap Layar Pemimpin Pasukan Kodap III Ndugama Derakma Egianus Kogoya saat menyampaikan permyataannya.

TIMIKA | Pempinan Pasukan Tentara Pembasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Egianus Kogoya menegaskan dirinya menangkap dan menyandera pilot demi kemerdekaan Papua bukan uang tebusan.

Hal tersebut disampaikan Egi dalam video berdurasi 2 menit yang disebarkan oleh Juru Bicara TPNPB Sebby Sambom dan diterima media ini pada Sabtu (8/7/2023).

Egi menyampaikan dirinya membuat pernyataan tersebut menyusul narasi yang didengar, dilihat dan dibacanya yang menyebut TPNPB meminta uang.

“Kami dari Kodap III Ndugama Derakma, kami pada tanggal 7 Juli (2023) keluarkan sikap peringatan, dari Tentara Indonesia diseluruh media dikatakan bahwa Kodam 3 Egianus Kogoya minta uang 5 Miliar itu darimana saya minta uang 5 miliar,” tegasnya.

Dirinya pun menegaskan kembali, jika ia tidak meminta uang apapun dan ia juga kelompoknya menangkap pilot hanya untuk perjuangan kemerdekaan.

“Indonesia mau kasih keluar uang 5 Miliar kah, atau berapa Miliar yang Indonesia kasih keluar, kami tidak akan terima,” ucapnya.

Ia menekankan hanya akan melepaskan pilot bila kemerdekaan Papua telah tercapai.

“Jadi di media manapun yang menyampaikan Kodap III meminta uang, itu semua omong kosong,” katanya.

“Saya tangkap pilot itu, saya tidak meminta uang, saya hanya minta kemerdekaan,” imbuhnya menekankan.

Sementara itu, Juru bicara TPNPB Sebby Sambom mengaku pihaknya juga berusaha yakinkan Egianus dan pasukan nya sandera siap dibebaskan, namun karena TNI-Polri mengeluarkan pernyataan yang keliru, maka Egianus kembali tegaskan sandera akan tetap bersama mereka.

“Kami harus kerja keras lagi lobi Panglima Egianus dan pasukannya, supaya Pilot Asal NZ bisa diselamatkan,” tutupnya.

 

penulis : Fachruddin Aji
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan