GMKI Timika Salurkan Bantuan ke Distrik Amar, Pemerintah Didesak Segera Bangun Kembali Rumah Warga

SERAHKAN | GMKI menyerahkan bantuan sembako dan pakaian layak pakai kepada para korban bencana banjir akibat air pasang dan angin kencang di Distrik Amar, Mimika, Papua. (Foto: Dok GMKI)
SERAHKAN | GMKI menyerahkan bantuan sembako dan pakaian layak pakai kepada para korban bencana banjir akibat air pasang dan angin kencang di Distrik Amar, Mimika, Papua. (Foto: Dok GMKI)

TIMIKA | Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Calon Cabang Timika melakukan aksi kemanusiaan kepada masyarakat di Distrik Amar, Kabupaten Mimika, Papua, atas bencana banjir dan angin kencang yang menghantam rumah-rumah warga di wilayah itu pada 4 Januari 2022 lalu.

Aksi kemanusiaan GMKI dilakukan hari ini, Senin (17/01/2022), dengan mendatangi Distrik Amar dan menyerahkan bantuan berupa bahan makanan atau sembako, serta pakaian layak pakai.

Richard Arthur Tutu selaku perwakilan GMKI, dalam keterangannya yang diterima Seputarpapua.com mengatakan, GMKI mengunjungi langsung korban bencana dan memberikan bantuan.

Masyarakat setempat yang diwakili bapak Lukas selaku Kepala Kampung menyampaikan ucapan terimakasih serta bersyukur atas bantuan yang diberikan.

Bantuan tersebut diharapkan dapat meringankan beban para korban yang mengalami musibah bencana banjir akibat air pasang dan angin kencang beberapa waktu lalu.

Richard mengatakan, bantuan yang disalurkan berasal dari hasil penggalangan dana dan malam amal yang dilakukan GMKI di area Pasar Sentral Timika, jalan Hasanuddin, pada 8 Januari 2022, serta sumbangan dari beberapa senior dan kader GMKI.

“Kami dari Calon Cabang GMKI Timika mengucapkan terimakasih banyak untuk masyarakat Kabupaten Mimika, pihak Pasar Sental Timika, senior-senior dan kader GMKI serta semua pihak yang sudah turut membantu sehingga bantuannya dapat tersalurkan dengan baik,” katanya.

Richard juga mengatakan, terlepas dari agenda ini, GMKI berharap Pemerintah Kabupaten Mimika dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bisa dengan cepat fokus pada langkah- langkah mitigasi bencana, dan juga pemulihan beberapa rumah yang terdampak bencana di Distrik Amar.

Sebab, kata dia, sudah ada beberapa kelompok atau komunitas aksi kemanusian yang turun langsung ke Distrik Amar merespon peristiwa bencana yang terjadi.

“Kami GMKI bersyukur masih bisa membantu masyarakat yang terdampak banjir dengan
memberikan bantuan. Karena ini bentuk pelayanan dalam tiga medan layan GMKI yaitu Perguruan Tinggi, Gereja dan Masyarakat,” katanya.

GMKI juga, kata dia, akan terus berusaha bergerak maju untuk masyarakat Kabupaten Mimika dan menjadi mitra kritis dan solutif untuk pemerintah. Yangmana hal itu sebagai bentuk pengabadian sebagaimana Tri Panji GMKI, yaitu Tinggi Iman, Tinggi Ilmu dan Tinggi Pengabdian.

Tanggapi Berita ini
reporter : Saldi
editor : Batt

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.