Meski Ikut Pileg, Anggota DPRD Mimika Komitmen Tetap Jalankan Tupoksi

Wakil Ketua II DPRD Mimika, Yohanes Felix Helyanan. (Foto: Ist)
Wakil Ketua II DPRD Mimika, Yohanes Felix Helyanan. (Foto: Ist)

TIMIKA | Anggota DPRD Mimika, Papua Tengah tetap melaksanakan tugasnya meskipun disibukkan dengan jadwal kampanye Pemilihan Umum Legislatif (Pileg).

Untuk diketahui, hampir seluruh anggota DPRD Mimika yang saat ini menjabat, kembali mencalonkan diri pada Pemilu serentak 2024.

Hal ini tentunya dapat mempengaruhi kinerja anggota DPRD Mimika karena harus berbagi konsentrasi antara menjalankan tugas sebagai anggota dewan aktif dan melakukan kampanye Pileg.

Wakil Ketua II DPRD Mimika, Yohanes Felix Helyanan mengatakan, hiruk pikuk Pemilu Legislatif tidak mempengaruhi kinerja anggota dewan untuk melaksanakan tugas dan fungsinya.

Ia menjelaskan, pada hari ini Kamis (1/2/2024) DPRD Mimika menggelar rapat Badan Musyawarah (Bamus) dengan agenda pelaksanaan tugas selama tahun ini.

“Kami tadi rapat membahas jadwal yang nanti akan dilakukan oleh anggota dewan, seperti reses, medical check up, hearing (mendengarkan pendapat dan masukan), kunjungan kerja, dan lainnya,” jelas Felix saat ditemui di Kantor DPRD Mimika, Kamis (1/2/2024).

Lanjut dia, agenda lain yang menjadi pembahasan adalah Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) yang belum diserahkan kesetiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Disamping itu juga terkait dengan pelaksanaan pemilu yang tinggal menyisahkan 13 hari kedepan.

“Pada rapat Bamus tadi, anggota Dewan juga akan melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan Pemilu. Namun, tidak membentuk panitia khusus (Pansus), hanya berupa pengawasan yang melekat kapada anggota DPRD,” pungkasnya.

Meski demikian, Felix menjelaskan, pengawasan yang dilakukan oleh anggota Dewan bukan termasuk pelanggaran. Karena ranah pelanggaran sudah ada Bawaslu dan Gakkumdu.

“Kami, dewan hanya menyesuaikan, mungkin ada kendala atau lainnya. Apalagi anggota dewan di Pemilu sebagai peserta bukan sebagai wasit,” ujarnya.

penulis : Mujiono
editor : Felix

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *