Peduli Lingkungan, PSP Mimika Kolaborasi dengan Kelurahan Inauga Bersihkan Lingkungan

Foto bersama masyarakat dan para pihak yang terlibat dalam aksi bersih-bersih lingkungan oleh PSP Mimika di Kelurahan Inauga, Sabtu (6/7/2024). (Foto: Eci Mnsen/Seputapapua)
Foto bersama masyarakat dan para pihak yang terlibat dalam aksi bersih-bersih lingkungan oleh PSP Mimika di Kelurahan Inauga, Sabtu (6/7/2024). (Foto: Eci Mnsen/Seputapapua)

TIMIKA, Seputarpapua.com | Kesadaran masyarakat pentingnya menjaga lingkungan tetap bersih masih menjadi persoalan sampai saat ini. Melihat kondisi itu, Pemuda Saireri Papua (PSP) Kabupaten Mimika tergerak untuk melakukan aksi peduli lingkungan.

PSP Kabupaten Mimika berkolaborasi dengan Kelurahan Inauga melakukan aksi bersih-bersih lingkungan di wilayah Kelurahan Inauga, Sabtu (6/7/2024). Aksi ini dikemas dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day) 2024 yang diperingati tiap 5 Juni.

Aksi peduli lingkungan ini dimulai dari depan halaman parkir Hotel Horison Ultima, Jalan Hasanuddin menuju Jalan Budi Utomo, kemudian berlanjut ke Jalan Yos Sudarso dan berakhir di tempat pembuangan sementara (TPS) Jalan Busiri.

Turut serta dalam kegiatan ini Kepala Kelurahan Inauga, Gerson Rumbarar bersama dengan 18 Ketua RT diwilayahnya, berikut manajemen dan karyawan Hotel Horison Ultima, personel Brigif 20/IJK, Kodim 1710/Mimika, Komunitas Pemuda Sempan dan masyarakat setempat.

Ketua PSP Mimika Silas Wopari dalam arahanya yang disampaikan Obet Marani selaku Ketua Tim Kerja Aksi Peduli Lingkungan, mengatakan bahwa aksi yang dilakukan ini sebagai bentuk kepedulian Pemuda Saireri terhadap persoalan sosial yang terjadi ditengah masyarakat, sekaligus mendukung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika dalam upaya menegakkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 11 tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah.

“Kita sudah punya perda, tapi di pinggir jalan, di lorong, masih saja ada sampah yang ditaruh, padahal waktu buang sampah sudah lewat. Kita harap dengan aksi-aksi yang kita lakukan, masyarakat bisa lebih sadar terhadap lingkungannya. Kita punya perda tapi penegakannya masih sangat jauh dari yang kita harapkan,” katanya.

Kelurahan Inauga dipilih sebagai lokasi aksi peduli lingkungan lantaran berada tepat di tengah kota Timika, dengan kondisi pemukiman yang padat penduduk dan banyak pelaku usaha tersebar di wilayah ini.

“Ini warga tinggal dekat TPS, tapi sampah taruh depan rumah. Nah, kesadaran dan kepedulian ini yang terus harus kita dorong. Kita harap pelaku usaha agar tidak ada lagi sampah berserakan,” ujarnya.

Sementara Kepala Kelurahan Inauga Gerson Rumbarar menyampaikan bahwa, pihaknya konsisten terkait masalah kebersihan lingkungan. Kelurahan terus mendorong masyarakatnya dan ketua-ketua RT untuk tetap menjaga kebersihan di masing-masing dan lingkungannya.

“Kami tetap dukung dan support (kebersihan lingkungan) sebagai tugas utama. Itu kami terus galakkan. Jadi pagi ini kami menyampaikan bersyukur kepada Pemuda Saireri, boleh sama-sama pasang perda terkait dengan jam buang sampah. Jadi kami berharap bapak-ibu RT warga Inauga dapat memperhatikan jam-jam buang sampah,” kata Gerson Rumabrar.

“Kiranya apa yang kita buat ini, menjadi contoh bagi teman-teman yang lain lagi, kita sosialisasikan tentang perda jam buang sampah secara berkesinambungan,” imbuhnya.

Pihak kelurahan pun membuka diri dan siap mendukung organisasi mana saja yang juga ingin melakukan berbagai kegiatan peduli lingkungan di Kelurahan Inauga.

Advertisements

Babinsa Koramil 1710-02/Timika, Sertu Philipus Paringgi juga mengapresiasi inisiatif yang dilakukan oleh Pemuda Saireri. Ia berharap keterlibatan warga untuk menjaga kebersihan lingkungan harus dan terus dilakukan.

“Atas inisiatif yang baik kami sangat mendukung. Kedepan biar sosialisasi sampai ke warga, Ketua RT ikut libatkan warga, karena kebersihan jadi tanggungjawab bersama,” katanya.

Tak hanya memasang backdrop tentang Perda Sampah di lokasi TPS Jalan Busiri, pihak kelurahan sekaligus memasang larangan buang sampah bagi warga dari kelurahan lain di TPS Jalan Busiri.

penulis : Eci Mnsen
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan