Pemkab Asmat – YP2KP Bahas Imunisasi dan Percepatan Akta Kelahiran

Pemkab Asmat - YP2KP Bahas Imunisasi dan Percepatan Akta Kelahiran
Pertemuan lintas sektor dalam mendukung layanan imunisasi dan percepatan akta kelahiran. (Foto: Elgo Wohel)

ASMAT | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asmat Bekerjasama dengan Unicef melalui Yayasan Pembangunan Pendidikan dan Kesehatan Papua (YP2KP) menggelar pertemuan lintas sektor dalam mendukung layanan imunisasi dan percepatan akta kelahiran.

Kegiatan tersebut di selenggarakan Yayasan Pembangunan Pendidikan dan Kesehatan Papua (YP2KP) di Aula BP4D Kabupaten Asmat, Provinsi Papua Selatan, Senin (12/2/2024).

Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Politik dan Hukum Yuli Rasdi mengatakan, imunisasi merupakan hak setiap anak yang harus di berikan dan menjadi tanggungjawab bersama.

“Penyakit dapat dicegah dengan imunisasi lengkap,” kata Rasdi.

Rasdi menambahkan, Kementerian Kesehatan melalui Digital Trasnsformation Office (DTO) telah mengembangkan Aplikasi Sehat Indonesiaku (ASIK), untuk membantu memudahkan dalam melakukan pencatatan dan pelaporan imunisasi secara rutin.

Dalam mendukung percepatan dan pelaporan imunisasi berbasis Aplikasi ASIK, tentunya membutuhkan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Namun seringkali yang ditemukan sasaran belum memiliki NIK, sehingga diperlukan upaya percepatan untuk mengeluarkan akta kelahiran untuk menjamin data kependudukan yang valid.

penulis : Elgo Wohel
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *