Pemkab Mimika Siapkan Dokumen Hibah Tanah Pelabuhan Poumako

Suasana Pelabuhan Nusantara Pomako Timika. (Foto: Dok/Seputarpapua)
Suasana Pelabuhan Nusantara Pomako Timika. (Foto: Dok/Seputarpapua)

TIMIKA | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, Provinsi Papua Tengah, kini tengah menyiapkan dokumen untuk hibah tanah Pelabuhan Poumako kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia (RI).

Kepala Dinas Perhubungan Mimika, Nella Manggara mengatakan, untuk proses hibah tanah Pelabuhan Poumako, Ketua DPRD sudah menandatangani surat persetujuan hibah.

Dengan surat persetujuan hibah ini, akan dibuatkan Surat Keputusan (SK) Bupati oleh Bagian Hukum Sekretriat Daerah Mimika.

“Saat ini masih dalam proses untuk semua dokumen. Ini lengkap baru SK ini sudah jadi. Setelah itu kita akan serahkan ke Kementerian Perhubungan,” kata Nella.

Tanah seluas 11,57 hektare itu akan dihibahkan ke Direktorat Perhubungan Laut Kemenhub RI.

Setelah hibah, Kemenhub RI akan menganggarkan dana untuk pembangunan dan pengembangan Pelabuhan Poumako.

“Jadi jika sudah diserahkan maka diharapkan agar dapat membangun fasilitas pelabuhan. Bangun terminal, gudang, perpanjangan pelabuhan dan lain-lain,” katanya.

Diharapkan pelabuhan ini cepat dibangun agar bisa menyiapkan akses jalan, dan pelayanan kepada masyarakat di area pelabuhan bisa lebih baik.

“Kita mau supaya kita punya pelabuhan sama bagusnya dengan bandara. Kita punya bandara ini terbaik di Papua, maka lautnya pun juga harus terbaik,” pungkasnya.

 

penulis : Anya Fatma

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *