Petugas Upacara HUT ke-77 RI di Iwaka Mimika Berbusana Adat Kamoro

Suasana upacara bendera di Kampung Iwaka, Distrik Iwaka, Rabu (17/8/2022). (Foto: Ist)
Suasana upacara bendera di Kampung Iwaka, Distrik Iwaka, Rabu (17/8/2022). (Foto: Ist)

TIMIKA | Perintah Distrik Iwaka, Kabupaten Mimika, Papua Tengah melaksanakan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke 77 Republik Indonesia (RI), Rabu (17/8/2022).

Pelaksanaan upacara dari 7 Kampung di Distrik Iwaka digelar di Kampung Iwaka.
Menariknya, semua petugas upacara mengenakan busana adat Kamoro, suku asli Mimika yang mendiami dataran rendah.

Upacara diawali dengan tarian penjemputan yang dibawakan oleh masyarakat suku Kamoro.

Sekertaris Kampung Iwaka, Yopi Pattikawa menjelaskan pihaknya ingin menampilkan budaya Kamoro sebab masyarakat Iwaka merupakan warga suku asli Mimika, namun bukan hanya Kamoro saja.

“Saat kami diminta jadi tuan rumah, kami sudah mulai persiapkan segala sesuatunya selama dua minggu persiapan, jadi yang bertugas semua pakai busana adat Kamoro dan mereka anak asli Kampung Iwaka, sementara pembina tadi adalah Kepala Distrik dan pemimpin upacara dari pihak Polsek Kuala Kencana,” kata Yopi kepada Seputarpapua.com.

Yopi menuturkan pihaknya sangat merasa bangga sebab dipercayakan menjadi tuan rumah dalam upacara tersebut namun banyak harapan yang warga Iwaka inginkan di momen hari Kemerdekaan ini.

“Kami berharap semoga pemerintah perhatikan Kampung Iwaka ini apalagi Kampung Iwaka dicanangkan oleh pemerintah sebagai kampung adat tapi belum diperhatikan sampai sekarang,” katanya.

Ia juga berharap agar pemerintah di momen HUT ke 77 RI ini, dimana warga Kampung Iwaka merupakan warga yang memiliki nasionalisme yang tinggi sehingga mempunyai keinginan agar pemerintah bisa lebih memperhatikan warga Iwaka.

“Kami juga mungkin minta pemerintah kabupaten sediakan satu stand di Airport yang megah untuk warga kampung iwaka bisa meletakan hasil ukiran untuk membantu ekonomi masyarakat Iwaka,” katanya.

Ia juga berterimakasih kepada pemerintah yang sudah mulai memasang alat VSAT untuk sinyal bagi masyarakat Iwaka.

“Ini menjadi kerinduan, memang pemerintah sudah pasang tapi memang belum selesai,” katanya.

Dalam upacara tersebut Kadistrik Iwaka, Linus Dolame bertindak sebagai Pembina Upacara dan Pemimpin upacara oleh pihak Polsek Kuala Kencana.

 

reporter : Kristin Rejang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.