SMAN 1 Mimika Optimis Juara SAC Indonesia Papua Qualifiers

Siswi SMAN 1 Mimika mengikuti games untuk nomor lari estafet dalam kegiatan road show SAC Indonesia Papua Qualifiers di SMAN 1, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Senin (3/10/2022). (Foto: Ist)
Siswi SMAN 1 Mimika mengikuti games untuk nomor lari estafet dalam kegiatan road show SAC Indonesia Papua Qualifiers di SMAN 1, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Senin (3/10/2022). (Foto: Ist)

TIMIKA | Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Mimika optimis menjadi juara dalam iven Student Athletics Champions (SAC) Indonesia untuk Papua Qualifiers yang akan dihelat pada 7-9 Oktober 2022 di Mimika Sport Complex (MSC), Kabupaten Mimika, Papua Tengah.

Panitia dari DBL Indonesia dalam rangka persiapan iven SAC Indonesia Papua Qualifiers di Kabupaten Mimika, Senin (3/10/2022), melakukan road show ke SMAN 1 Mimika.

Dalam road show ini, panitia mengadakan games untuk nomor lari estafet yang dipraktekkan siswa siswi SMAN 1 Mimika dengan meriah, lantaran mendapat dukungan dari siswa lainnya.

Bahkan, road show turut dihadiri dua atlet pelatnas wilayah Indonesia timur, Mergina Asyerem dan Agustinus Ngamar Mahuse yang memberikan motivasi kepada siswa.

“Sangat antusiasi sekali, dan kami juga tidak menyangka ternyata ada putri Papua yang tampil di road show ini,” kata Monike Juniza Pramesti, PIC SAC Indonesia Papua Qualifiers.

SMAN 1 Mimika dalam persiapannya merebut juara SAC Indonesia Papua Qualifiers, mengadakan latihan rutin tiap sorenya.

Bahkan siswa yang didaftarkan mengikuti SAC Indonesia, sebelumnya telah melalui proses seleksi yang dilakukan oleh pihak sekolah.

“Yang layak itu ada total sekitar 45 orang, yang lolos seleksi. Jadi setiap sore kami latihan untuk persiapan,” kata Tomy Pance Simamora, Guru Penjas SMAN 1 Mimika.

Karena itu, Tomy sangat optimis siswanya yang telah diutus mengikuti SAC Indonesia di MSC nanti bisa menorehkan prestasi membanggakan.

Mereka mengikuti 5 nomor dalam cabang olahraga atletik ini, untuk nomor sprinter terdapat 12 orang, lari estafet terdapat 2 tim, lari 1.000 meter 10 orang, lompat jauh 9 orang, dan tolak peluru 12 orang.

“Optimis SMA Negeri 1 di nomor-nomor cabang olahraga atletik. Optimis mendapatkan juara 1 di lima nomor atletik itu,” pungkas Tomy.

SAC Indonesia merupakan kompetisi atletik pelajar terbesar hasil kolaborasi DBL Indonesia dangan Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI).

Kompetisi tersebut bisa diukuti oleh peserta didik elementary school (SD), junior high school (SMP) dan senior high school (SMA).

Masing-masing sekolah dapat berlaga di nomor sprint (lari jarak pendek), relays (lari estafet), middle distance (lari jarak menengah), long jump (lompat jauh), shot put (tolak peluru). Sementara untuk kid’s athletics, hanya dapat diikuti olen siswa SD.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Saldi
editor : Felix

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.