Tingkatkan Ketrampilan Siswa, SMA Mandala Trikora Jayapura Gelar Produk Wira Usaha

Kepsek SMA Mandala Trikora Jayapura, Ferdinand Assa.
Kepsek SMA Mandala Trikora Jayapura, Ferdinand Assa.

JAYAPURA | Setelah dipercaya sebagai salah satu sekolah penggerak oleh Kemendikbud RI bersama lima sekolah lainnya di Papua, SMA Mandala Trikora Jayapura terus berupaya guna meningkatkan ketrampilan para siswa.

Salah satunya dengan menggelar produk wira usaha yang disandingikan dengan agenda Roots Day (anti perundungan) yang berlangsung di PTC, Entrop, kota Jayapura, Rabu (15/12/2021).

“Kegiatan ini merupakan agenda tiap tahunnya dimana kali ini dilakukan berbeda karena disandingan dengan roots day, dan tahun ini kami mengangkat dua tema sekaligus yani ‘Kewirausahaan SMA dan Bangunlah Jiwa Ragaku’. Jadi ini masuk dalam tema projek profil pelajar pancasila,” kata Kepala Sekolah SMA Mandala Trikora Jayapura, Ferdinand Assa.

Ferdinand menyebutkan, agenda tahunan dari sekolah penggerak akan diproyeksikan hingga empat tahun kedepan.

Sehingga diharapkan, melalui kegiatan tersebut dapat membangkitkan minat para siswa untuk meningkatkan kemampuan mereka dari segi karakter dan ketrampilan.

“Sebab di sekolah penggerak tidak hanya menekankan pada penilaian kognitif saja tetapi penilaian assessment yang dilaksanakan itu adalah penilaian karakter,” ujarnya.

Dengan demikian, produk wira usaha yang dilakukan ini sebagai salah satu bentuk assessement bagi para siswa khususnya yang berada pada kelas X program sekolah penggerak.

Sementara Plt. Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Papua Protasius Lobya mengakui agenda wira usaha SMA menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah proses belajar-mengajar dalam kelas.

Dirinya berpendapat, seorang pemimpin tidak terlahir hanya karena nilai secara akademis bagus tetapi memiliki kemampuan intelektual dan ketrampilan maupun karakter.

“Sebagai seorang pemimpin yang lengkap bukan hanya karena kecerdasan tetapi memilik kemampuan dan ketrampilan terbentuk sejak dini melalui proses belajar di kelas tapi juga lebih penting membangun karakter seorang peimimpin dari kegiatan yang saat ini berlangsung,” kata Protasius.

reporter : Adi
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.