TPNPB OPM Sebut Pilot Susi Air Bersama Egianus Kogoya di Kampung Alguru Nduga

Egianus Kogoya Cs bersama pilot Selandia Baru Phillip Mark Mehrtens. (Foto: TPNPB-OPM)
Egianus Kogoya Cs bersama pilot Selandia Baru Phillip Mark Mehrtens. (Foto: TPNPB-OPM)

JAYAPURA | Juru Bicara (Jubir) Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat – Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) Sebby Sembom mengaku bahwa pilot Susi Air Capten Phillip Mark Mehrtens saat ini bersama Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Egianus Kogoya di Kampung Alguru, Distrik Krepkuri, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Sebby menyebut pilot asal Selandia Baru (New Zealand) itu diboyong Egianus Cs dari Distrik Paro sejak beberapa waktu lalu.

“Jadi saya ingin katakan bahwa saat ini pilot sudah bersama dengan Egianus Kogoya, mereka sudah keluar dari Paro sejak beberapa hari lalu. Sekarang mereka sudah berada di kampung Alguru,” ungkap Sebby dalam keterangannya, Selasa (14/2/2023).

Ia mengaku meski pilot dalam status tawanan, namun keadaan pilot bule tersebut sehat dan beraktivitas seperti masyarakat biasa.

“Artinya Captain Phillip telah berbaur dengan budaya KKB, mereka seperti bakar batu dan bermain di kali serta belajar menembak di markas besar TPNPB,” aku Sebby.

“Jadi dia (Captain Philip) yang disandera oleh kami itu bukan sebagai musuh, tetapi sebagai teman atau saudara. Mereka bersama-sama tinggal di markas saling bantu mencari kayu bakar untuk masak,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, dalam video berdurasi 1 menit 51 detik yang disebar Sebby kepada awak media, tampak Egianus Kogoya Cs bersama dengan Phillip Mark Mehrtens menyampaikan pernyataan.

Dalam peryataannya, Egianus memastikan kondisi pilot yang dipanggil Phill itu dalam kondisi sehat.

Bahkan Egianus juga menyampaikan tujuannya menyandera Phill, yakni meminta kemerdekaan untuk Papua.

“Saya tahan pilot Phil ini, saya sandera dia untuk Papua merdeka, bukan untuk makan, minum, itu tidak ada. Jadi saya akan bawa pilot Phil sampai Papua harus merdeka. Dan pilot Phil saya akan bawa dia dalam kondisi aman,” demikian sepenggal pernyataan Egianus dalam video singkat itu.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo yang dikonfirmasi seputarpapua.com membenarkan terkait dokumentasi tersebut.

Advertisements

“Benar foto dan video tersebut diduga saat insiden pembakaran pesawat Susi Air di Paro. Saat ini sedang diidentifikasi,” kata Benny singkat.

 

penulis : Alley
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *