Deteksi Dini Kanker, Bhayangkari Mimika Fasilitasi Tes Iva dan Sadanis

Deteksi Dini Kanker, Bhayangkari Mimika Fasilitasi Tes Iva dan Sadanis
Ketua Pengurus Cabang Bhayangkari Mimika, Ny Dewi Agung M saat meninjau pemeriksaan tes IVA. (Foto: Mujiono/Seputarpapua)

TIMIKA | Untuk mencegah dan mendeteksi dini penyakit kanker yang menyerang kaum  perempuan,  Jumat (31/8) Pengurus Cabang Bhayangkari Mimika memfasilitasi tes IVA dan Sadanis di Puskesmas Timika.

“Antusias dari peserta yang ikut tes kesehatan IVA dan Sadanis ada 25 orang. Ini menujukkan bahwa perempuan-perempuan sadar atas arti kesehatan. Ini patut untuk kita apresiasi,” kata Ketua Cabang Bhayangkari Polres Mimka, Ny. Dewi Agung Marlianto.

Ia  mengatakan, kegiatan yang dilakukan masih dalam rangkaian Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari ke 66.

Dikatakan, pemeriksaan dilakukan oleh dokter spesialis menggunakan asam asetat untuk mengetahui gejala kanker serviks (Kanker rahim).

Tes ini dikatakan Ny Dewi sangat penting, karena, menurut WHO, Kanker Serviks merupakan penyebab kematian wanita nomor dua di dunia setelah penyakit jantung koroner. Jadi harus dideteksi sedini mungkin.

“Tes IVA khusus untuk wanita yang sudah menikah. Sama halnya dengan pemeriksaan Pasmir. Tapi tes IVA yang dilakukan ini menggunakan asam asetat yang memeriksa adanya sel-sel pra kanker. Sementara Sadanis, pemeriksaan kanker payudara dideteksi dengan adanya pertumbuhan kelenjar payudara,” terangnya.

Ia menambahkan, tes kesehatan ini juga merupakan arahan dari Ibu Negara Iriana Jokowi bersama Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE-KK), yang menjalin kerjasama dengan Kementerian Kesehatan untuk melakukan upaya pencegahan kanker di Indonesia.

“Wanita Indonesia harus sehat, dengan memeriksakan organ dalam. Jangan hanya mengobati luarnya saja seperti wajah,” ujar Dewi. (mjo/SP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan